GINAN HADIYANA, 165050022 (2020) ANALISIS IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar pengesahan.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
4. ABSTRACT.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB I.pdf Download (368kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB II.pdf Download (508kB) | Preview |
|
Text
7. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
||
Text
8. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
||
Text
9. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
Text
10. DAPUS.pdf Download (249kB) | Preview |
Abstract
Kurangnya kemampuan pemecahan masalah matematis dapat dilihat dari kesulitan dalam menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah bersifat non rutin, tidak dapat mengaplikasikan rumus ke dalam soal pemecahan yang bervariasi serta tidak dapat menyelesaikan soal yang tidak sama dengan contoh soal yang diberikan. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis adalah model pembelajaran Arias (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: Menganalisis bagaimana konsep kemampuan pemecahan masalah matematis siswa; Menganalisis bagaimana konsep model pembelajaran ARIAS; Menganalisis bagaimana implementasi dari model pembelajaran ARIAS untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi literatur. Sumber data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Teknik penelitian yang digunakan yakni Editing, Organising dan Finding. Analisis data yang digunakan berupa deduktif, indukif, dan interpretatif. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) kemampuan pemecahan masalah adalah suatu kemampuan berpikir tinggi yang harus dimiliki siswa dalam memecahkan suatu permasalahan yang tidak biasa dan cara pemecahannya tidak mudah untuk ditemukan dengan harapan tercapainya tujuan pembelajaran yang diinginkan.yang menekankan siswa untuk mampu mengerjakan suatu permasalahan non rutin agar siswa mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan karena kemampuan pemecahan masalah erat kaitanya dengan kehidupan seharihari. 2) model pembelajaran ARIAS adalah suatu model pembelajaran yang terdiri dari lima komponen, seperti Assurance , Relevance, Interest, Assessment dan Satisfaction dengan komponen yang saling berkaitan satu sama lain. 3) implementasi model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Kata Kunci: Kemampuan pemecahan masalah matematis, Model pembelajaran ARIAS, Implementasi model pembelajaran ARIAS
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 05 Nov 2020 06:39 |
Last Modified: | 05 Nov 2020 06:39 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49935 |
Actions (login required)
View Item |