AMELIA ZAEN RAMADANTY, 165050014 (2020) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRACT.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB I.pdf Download (342kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB II.pdf Download (564kB) | Preview |
|
Text
6. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (481kB) |
||
Text
7. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (469kB) |
||
Text
8. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
||
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (315kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran matematika yang memerlukan kemampuan berpikir untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Salah satu kemampuan yang diperlukan untuk menyelesaikan permasalahan adalah kemampuan berpikir kritis matematis dalam proses pembelajaran. Namun hasil dari beberapa penelitian dikatakan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa rendah. Oleh sebab itu diperlukan suatu proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis matematis. Salah satu caranya yaitu menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep kemampuan berpikir kritis matematis siswa, konsep pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), dan implementasi pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis adalah suatu proses berpikir seseorang dalam menganalisis, mengidentifikasi, mengaitkan, mengevaluasi semua aspek yang terdapat dalam suatu permasalahan dengan penuh pertimbangan dan hati-hati sehingga dapat ditarik sebuah kesimpulan untuk yang tepat untuk menyelesaikan masalah. Ketika pendidik akan mengembangkan kemampuan berpikir kritis matematis, maka proses pembelajaran dirancang agar siswa memiliki karakteristik dari kemampuan berpikir kritis matematis. Oleh karena itu dapat digunakan pendekatan RME pada proses pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis matematis. Karena dari beberapa studi kepustakaan didapatkan hasil bahwa pendekatan RME memberikan dampak positif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Kata Kunci: Proses pembelajaran, Kemampuan berpikir kritis matematis, Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME)
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 05 Nov 2020 04:26 |
Last Modified: | 05 Nov 2020 04:26 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49929 |
Actions (login required)
View Item |