PERAN KARANG TARUNA DALAM MENUMBUHKAN KECAKAPAN WARGA NEGARA ABAD 21 PADA PEMUDA DI DESA BIKANG (Studi Kasus di Karang Taruna Desa Bikang Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan)

Reza Yundira, 165010001 (2020) PERAN KARANG TARUNA DALAM MENUMBUHKAN KECAKAPAN WARGA NEGARA ABAD 21 PADA PEMUDA DI DESA BIKANG (Studi Kasus di Karang Taruna Desa Bikang Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. JUDUL SKRIPSI.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK dan ABSTRAC.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (448kB) | Preview
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (517kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran karang taruna dalam menumbuhkan kecakapan warga negara abad 21 pada pemuda di Desa Bikang. Masih kurangnya kesadaran para pemuda untuk memiliki kreativitas dan inovasi yang tinggi serta juga kurangnya partisipasi pemuda dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan, salah satu penyebabnya ialah tidak adanya edukasi tentang pentingnya menumbuhkan kecakapan warga negara abad 21 guna untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi para generasi muda khusunya pemuda yang ada di Desa Bikang, dan hal tersebut yang menjadi salah satu latar belakang permasalahan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, wawancara, studi dokumentasi dan studi literatur. Subjek penelitian adalah ketua, sekretaris, bendahara dan anggota-anggota karang taruna serta beberapa tokoh masyarakat atau masyarakat Desa Bikang. Melalui wawancara dengan para pengurus karang taruna dan juga tokoh masyarakat atau mayarakat, diketahui bahwa adanya beberapa tindakan atau upaya karang taruna dalam menumbuhkan kecakapan warga negara abad 21 pada pemuda yaitu dengan cara membuat beberapa program kerja yang diselenggarakan karang taruna, program kerja tersebut membuat para generasi muda ikut serta dalam kegiatan yang diselenggarakan dan juga potensi yang ada pada pemuda bisa terealisasikan dengan baik sehingga secara tidak langsung pemuda memiliki keterampilan dalam berpikir kreatif dan inovatif, dan juga lebih kritis serta bertanggung jawab. Sehingga dapat disimpulkan bahwa karang taruna sebagai organisasi kemasyarakatan sangat berpengaruh dan berperan penting dalam menumbuhkan kecakapan warga negara abad 21 pada pemuda di Desa Bikang. Kata Kunci : Peranan Karang Taruna, Kecakapan Warga Negara Abad 21, Pemuda

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 04 Nov 2020 06:31
Last Modified: 04 Nov 2020 06:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49914

Actions (login required)

View Item View Item