IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL MELALUI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN UNTUK MENCEGAH BERKEMBANGKANYA PAHAM RADIKALISME DI KALANGAN PESERTA DIDIK (Studi kasus di Kelas XI SMK Pasundan 4 Bandung )

Eri Munggaran, 165010021 (2020) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL MELALUI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN UNTUK MENCEGAH BERKEMBANGKANYA PAHAM RADIKALISME DI KALANGAN PESERTA DIDIK (Studi kasus di Kelas XI SMK Pasundan 4 Bandung ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesasahan.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.BAB I.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.BAB II.pdf

Download (686kB) | Preview
[img] Text
14. BΑB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB)
[img] Text
15.BAB ΙV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB)
[img] Text
16.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img]
Preview
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (408kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini di lakukan oleh peneliti untuk menetahui seberapa pentingkah implementasi pendidikan Multikultural dalam mencegah berkembangnya paham radikalisme dikalangan peserta didik melalui mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Sebagai dampak dari berkembanya Paham radikalisme membuat kurangnya rasa toleransi terhadap sesama yang mengakibatkan lunturnya rasa persatuan dan kesatuan diantara peserta didik. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan Metode Studi Kasus. dengan menggunakan pendekaatan kualitatif Pengumpulan data yang digunakan ialah melalui wawancara dan studi literatur. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh peserta didik kelas XI SMK Pasundan 4 Bandung. Dan yang menjadi sampel penelitian ini ialah perwakilan peserta didik kelas XI sebanyak 11 orang. Melalui kegitan Wawancara dengan Guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dan Perwakilan Peserta didik, di Ketahui bahwa Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan mengimplementasikan Pendidikan Multikultural Membuat Kegiatan Pembelajaran menjadi lebih aktif sehingga dapat menanamkan nilai nilai keberagaman atau multikultural dan mencegah peserta didik dari dampak radikalisme seperti tindakan intolerasi dikalangan peserta didik. Sehingga dapat kita simpulkan bahwa implementasi pendididkan Multikultural berpengaruh terhadap pencegahan berkembangnya paham radikalisme dikalangan Peserta didik melalui mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan. Kata Kunci: Pendidikan Multikultural, Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Dampak Paham Radikalisme

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 02 Nov 2020 02:40
Last Modified: 02 Nov 2020 02:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49899

Actions (login required)

View Item View Item