PENGGUNAAN APLIKASI KINEMASTER PADA JARINGAN TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Muhamad Irfan Atsauri, 165040074 (2020) PENGGUNAAN APLIKASI KINEMASTER PADA JARINGAN TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK1.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (963kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (171kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Berdasarkan penelitian dengan judul “Penggunaan Aplikasi Kinemaster Pada Jaringan Tumbuhan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa” didapatkan hasil mengenai aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil belajar merupakan suatu akibat dari proses belajar dengan menggunakan alat pengukuran yaitu berupa tes yang disusun secara terencana, baik tes tulis, tes lisan maupun tes perbuatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi Jaringan Tumbuhan. Penelitian ini menggunakan rancangan quasi eksperimen dengan rancangan one-group design pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MA Atsauri Sindangkerta, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah kelas XI MIPA I yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini secara porpusive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi untuk mengamati aktivitas siswa pada saat pembelajaran dan tes untuk mengetahui hasil belajar. Analisis aktivitas belajar siswa menggunakan rumus persentase, sedangkan analisis data hasil belajar menggunakan rumus N-Gain. Hasil penelitian diketahui bahwa ratarata hasil aktivitas tergolong kategori aktif pada pertemuan pertama 63%, dan pertemuan kedua 76% tergolong kategori sangat aktif, sedangkan nilai rata-rata pre-test yaitu 24,5, dan nilai rata-rata post-test yaitu 82,25. Hasil uji-t menunjukkan thitung (47,33) > ttabel (1,73). Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan pembelajaran dengan penggunaan Media Audio Visual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Media Aplikasi Kinemaster, Hasil belajar, Jaringan Tumbuhan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 31 Oct 2020 03:35
Last Modified: 31 Oct 2020 03:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49891

Actions (login required)

View Item View Item