ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL

HERLINA ESTER MAMENGKO, 165040077 (2020) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. COVER SKRIPSI.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB II ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK BHS. INDONESIA.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (34kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pada abad 21 ini kemampuan yang harus dikuasai peserta didik salah satunya adalah keterampilan berpikir kritis, manfaat berpikir kritis untuk peserta didik yaitu dapat meningkatkan perhatian dalam mengamati, mengemukakan ide-ide relevan, berpikir logis, dan mampu menanggapi suatu permaasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kemampuan berpikir kritis peserta didik menggunakan model Discovery Learning berorientasi kearifan lokal. Pedekatan penelitian ini berdasarkan pada pendekatan kualitatif berdasarkan pelelitian kepustakaan (library research) dilaksanakan dengan menggunakan literatur dari penelitian sebelumnya. Sumber data penelitian ini bersifat kepustakaan yang diperoleh dari berbagai literatur-literatur dan sumber-sumber. Hasil analisis kemampuan berpikir kritis dari setiap indikator yaitu: Elementary clarification, Basic support, inferensi , Advance clarification, Strategis and tactick. memperoleh rata-rata sebesar 67,59% dengan kategori Tinggi. dan pada analisis kemampuan berpikir kritis menggunakan model Discovery Learning memperoleh rata-rata nilai Ngain sebesar 0,60 dengan kategori sedang. Dengan memasukkan unsur kearifan lokal dalam pembelajaran biologi dapat memberikan dampak yang baik dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik dapat ditingkatkan memalui penggunaan model Discobery Learning yang berorientasi kearifan lokal. Kata kunci : Kemampuan Berpikir Kritis, Discovery Learning, kearifan lokal.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 28 Oct 2020 06:09
Last Modified: 28 Oct 2020 06:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49854

Actions (login required)

View Item View Item