ANALISIS MODEL PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BEBIKIR KRITIS SISWA

RENA FAUZI YULIYANI, 165040080 (2020) ANALISIS MODEL PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BEBIKIR KRITIS SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT ING.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDO.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (31kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran pada Abad 21 mengharuskan siswa untuk berpikir tingkat tinggi yaitu salah satunya dengan berpikir kritis. Pada pembelajaran Biologi siswa harus memiliki kemampuan berpikir kritis dalam penemuan konsep yang baru dan pemecahan masalahan. Cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan bantuan model POGIL berorientasi kearifan lokal. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model POGIL berorientasi kearifan lokal dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kepustakaan dengan menganalisis beberapa artikel terkait variabel yang sama. Hasil analisis hasil analisis dari implementasi model POGIL memperoleh persentase lebih dari 70% yang dikategorikan sedang. Hasil yang diperoleh dari kemampuan berpikir kritis siswa yang diukur melalui aspek berpikir kritis, tiga aspek yang dikategorikan tinggi yaitu Interprestasi, analisis, dan inferensi. Indikator yang dikategorikan cukup yaitu indicator evaluasi, dan dikategorikan rendah eksplanasi. Hubungan kearifan lokal dengan pembelajaran biologi melaui pengukur N-gain yang menunjukkan adanya peningkatan hasl belajar siswa. Maka dari itu didapatkan hasil bahwa model POGIL berorientasi kearifan lokal dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Manfaat dari penelitian ini untuk mengetahui hasil model POGIL berorientasi kearifan lokal untuk meningkatkan kemmapuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci : Model POGIL, Kearifan Lokal, dan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 28 Oct 2020 06:05
Last Modified: 28 Oct 2020 06:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49853

Actions (login required)

View Item View Item