ELTHAYANA NARYNDHA, 165050048 (2020) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF DAN DISPOSISI MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
3. Abstrak Bahasa Indonesia.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
4. Abstrak Bahasa Inggris.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB I.pdf Download (676kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB II.pdf Download (465kB) | Preview |
|
Text
7. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) |
||
Text
8. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (546kB) |
||
Text
9. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
||
|
Text
10. Daftar Pustaka.pdf Download (408kB) | Preview |
Abstract
Salah satu kemampuan berpikir tingkat tinggi adalah kemampuan berpikir reflektif matematis. Kemampuan berpikir reflektif merupakan proses dimana siswa berpikir dan berusaha menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep matematika yang dimiliki sebelumnya dan dihubungkan dengan pengetahuan yang baru. Selain kemampuan kognitif, hal yang harus dimiliki siswa yaitu aspek afektif salah satunya adalah disposisi matematis yang berupa kepercayaan diri siswa. Kemampuan-kemampuan tersebut perlu didorong oleh model pembelajaran agar siswa menjadi lebih aktif, yaitu dengan model pembelajaran probing prompting. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa menengah melalui model pembelajaran probing prompting; (2) Mendeskripsikan disposisi matematis siswa menengah melalui model pembelajaran probing prompting; (3) mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi literatur. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran probing prompting dapat mengembangkan kemampuan berpikir reflektif matematis pada siswa sekolah menengah; (2) model pembelajaran probing prompting dapat mengembangkan disposisi matematis pada siswa sekolah menengah; (3) adanya pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis, Disposisi Matematis, Model Pembelajaran Probing Prompting.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 28 Oct 2020 03:55 |
Last Modified: | 28 Oct 2020 03:55 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49848 |
Actions (login required)
View Item |