ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI

Dedeh Desi Hardiyanti, 165040037 (2020) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Abstark indonesia.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (755kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (422kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis kemampuan berpikir kreatif pada model pembelajaran problem based learning pada pembelajaran biologi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan di dalam penelitian ini terdiri dari sumber data sekunder. Penelitian pendekatan kualitatif bertujuan untuk melihat gambaran hubungan antara capaian kemampuan berpikir kreatif dengan model pembelajaran berbasis masalah di dalam pembelajaran biologi. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi dengan cara mengumpulkan artikel nasional dan internasional terakreditasi. Teknik pengumpulan data terdiri dari editing dan organizing. Data yang dianalisis menggunakan teknik deduktif dengan melihat fakta-fakta hasil penelitian untuk ditarik kesimpulan secara khusus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat keterkaitan capaian kemampuan berpikir kreatif dengan penggunaan model pembelajaran problem based learning yang ditunjukkan dengan perbedaan capaian skor akhir peserta didik pada model pembelajaran tersebut. Kategori kemampuan berpikir kreatif peserta didik menggunakan model pembelajaran problem based learning terdapat pada kategori sedang, tinggi hingga sangat tinggi. Hal tersebut disebabkan karena penggunaan model pembelajaran problem based learning memfasilitasi peserta didik untuk mengemukakan hal dan ide baru terkait permasalahan kontekstual yang seringkali ditemukan oleh peserta didik. Kata Kunci: Analisis, Kemampuan Berpikir Kreatif, Problem Based Learning, Pembelajaran Biologi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 28 Oct 2020 02:24
Last Modified: 28 Oct 2020 02:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49836

Actions (login required)

View Item View Item