PENERAPAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN DARING (Online) DI MASA COVID-19 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN

TRI SURYANI, 165040026 (2020) PENERAPAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN DARING (Online) DI MASA COVID-19 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ringkesan.pdf

Download (7kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang rendahnya hasil belajar yang diperoleh siswa, yaitu 63, sedangkan KKM pada mata pelajaran biologi di sekolah adalah 77. Selain itu juga selama pandemi covid-19 mengharuskan semua aktivitas pembelajaran hanya dapat dilakukan di dalam rumah saja yang akibatnya proses pembelajaran dialihkan secara daring (online). Pembelajaran daring dalam penelitian ini menggunakan aplikasi Google Classroom. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan peningkatan hasil belajar siswa pada materi jaringan tumbuhan dengan menerapkan aplikasi Google Classroom dalam pembelajaran daring (online) di masa covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah pre- eksperimental design dengan desain one group pretest-posttest yang melibatkan satu kelas eksperimen yang dipilih secara purposive sampling, Dari hasil penelitian ini didapatkan nilai rata-rata pretest sebesar 55,23 dan rata-rata posttest sebesar 81,16. Hasil perhitungan uji t menggunakan paired t-test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest dengan hasil sig.(2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari taraf signifikan 0,05. Selain itu hasil berhitungan nilai Gain memperoleh rata-rata sebesar 0,57 dengan kategori sedang. Dari hasil pretest, posttest, uji t dan N-Gain didukung juga oleh hasil analisis lembar observasi yang menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran daring menggunakan aplikasi Google Classroom sangat efektif, terbukti dengan rata-rata seluruh kegiatan pembelajaran yang dilakukan siswa sebesar 84,44%. Hasil dari angket yang menunjukkan hampir seluruh siswa memperlihatkan respon positif terhadap pembelajaran yang dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada materi jaringan tumbuhan setelah diterapkan pembelajaran menggunakan aplikasi Google Classroom dalam pembelajaran daring (online) di mas covid-19. Kata Kunci: Google Classroom, Pembelajaran Daring (Online), Hasil Belajar, Jaringan Tumbuhan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 28 Oct 2020 01:53
Last Modified: 28 Oct 2020 01:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49830

Actions (login required)

View Item View Item