DHEA INTAN WAHYUNI, 165040071 (2020) PENGGUNAAN APLIKASI PLANTNET PADA MATERI KEANEKARAGAMAN TINGKAT SPESIES TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI PESERTA DIDIK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. BAB I.pdf Download (95kB) | Preview |
|
Text
5. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
Text
3. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
||
|
Text
6. ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (62kB) | Preview |
|
Text
4. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (387kB) |
||
|
Text
2. BAB II.pdf Download (496kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRACT INGGRIS.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (139kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan penelitian dengan judul “Penggunaan Aplikasi PlantNet Pada Materi Keanekaragaman Tingkat Spesies Tumbuhan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Peserta Didik” terdapat hasil mengenai hasil belajar dan motivasi belajar. Hasil belajar merupakan suatu dari proses belajar dengan menggunakan alat ukur yang berupa sebuah tes disusun secara terencana, baik tes tulis maupun tes lisan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas teknologi terhadap hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Experimental Design dengan rancangan one-group design pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA MA Atsauri Sindangkerta, sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas X MIPA 1 dengan jumlah 13 peserta didik. Teknik pengambilan data pada penelitian ini dengan menggunakan sampling purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi untuk mengetahui aktivitas belajar peserta didik pada saat pembelajaran berlangsung, dengan cara es untuk mengetahui hasil belajar peserta didik, dan angket sebagai alat ukur untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar peserta didik. Analisis data hasil belajar dengan menggunakan rumus N-Gain, sedangkan analisis data angket motivasi menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata pretest yaitu 43,5, dan nilai rata-rata posttest yaitu 61,9 sedangkan hasil dari angket motivasi belajar menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar sehingga hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik mengalami peningkatan. Hasil dari uji-t didapatkan kesimpulan bahwa penggunaan aplikasi PlantNet pada materi keanekaragaman tingkat Spesies tumbuhan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Aplikasi PlantNet, Hasil belajar, Motivasi Belajar, keanekaragaman tingkat spesies tumbuhan
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 28 Oct 2020 01:40 |
Last Modified: | 28 Oct 2020 01:40 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49827 |
Actions (login required)
View Item |