ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PROJECT-BASED LEARNING

MIA RAHMA AZZAHRA, 165050027 (2020) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PROJECT-BASED LEARNING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRACT INGGRIS.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB I.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB II.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text
9. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran matematika siswa memerlukan kemampuan berpikir kritis matematis karena kemampuan berpikir kritis matematis dapat membantu siswa dalam memahami matematika, tetapi kemampuan berpikir kritis siswa nyatanya masih rendah. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis adalah model Project-Based Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) Menganalisis konsep kemampuan berpikir kritis matematis siswa, 2) Menganalisis efektivitas model Project-Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa, dan 3) Menganalisis perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui model ProjectBased Learning. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian studi literatur. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik penelitian yang digunakan adalah editing, organizing, dan finding. Analisis data yang digunakan berupa deduktif, interpretatif, dan komparatif. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Kemampuan berpikir kritis matematis sangat diperlukan dalam pembelajaran matematika, karena berpikir kritis matematis adalah kemampuan berpikir yang meningkatkan rasa percaya diri siswa akibatnya akan menumbuhkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika, menambah kemampuan pemahaman siswa yang lebih lama, dan mampu memecahkan permasalahan yang akan dihadapi, maka untuk dari itu kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika sangat diperlukan, dan sebelum mengaplikasikan ke dalam pembelajaran diperlukan mencantumkan indikator kemampuan berpikir kritis matematis, dan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa buatlah soal yang cocok untuk aspek kemampuan berpikir kritis matematis. 2) Model pembelajaran PjBL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa jika dilihat dari langkah-langkah model pembelajaran PjBL dan cocok apabila di cocokkan dengan indikator kemampuan berpikir kritis matematis siswa. 3) Hasil analisis perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui model PjBL terdapat beberapa perbedaan yaitu menggunakan model lain selain model PjBL diantaranya yaitu model Problem-Based Learning (PBL), dan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS), dan ada juga yang mengunakan pendekatan pembelajaran yang berbeda yaitu pendekatan saintifik dan pembelajaran pendekatan matematika realistic, setelah menganalisis model PjBL, model CPS, dan model PBL, terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Menerapakan model PjBL dalam pembelajaran siswa cenderung lebih aktif. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Model Project-Based Learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 27 Oct 2020 09:27
Last Modified: 27 Oct 2020 09:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49804

Actions (login required)

View Item View Item