ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME)

RARA DITA REFINANDYA, 165050003 (2020) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Abstrak.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Abstract.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Bab I.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Bab II.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] Text
8. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[img] Text
9. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] Text
10. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
Text
11. Daftar Pustaka.pdf

Download (108kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kondisi di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa pada umumnya masih belum maksimal. Masih rendahnya kemampuan representasi ini disebabkan karena siswa tidak aktif dalam persoalan-persoalan, sehingga ide-ide yang dimilikinya tidak bisa dikeluarkan ataupun mengkonstruksi suatu konsep dalam bentuk representasi. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis adalah pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: Menganalisis konsep kemampuan representasi matematis siswa; Menganalisis kemampuan representasi matematis siswa melalui pendekatan Realistic mathematic Education (RME); Menganalisis efektivitas pendekatan Realistic mathematic Education (RME) dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi literatur. Sumber data yang digunakan berupa data primer. Teknik penelitian yang digunakan yakni Editing, Organising dan Finding. Analisis data yang digunakan berupa deduktif, induktif dan historis. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Kemampuan representasi merupakan kemampuan matematis yang harus dimiliki oleh siswa. Kemampuan representasi matematis adalah suatu ide atau gagasan matematika untuk menyelesaikan suatu permasalahan kedalam bentuk gambar, simbol, tabel dan grafik. 2) Kemampuan representasi matematis dapat diterapkan dan dapat ditingkatkan melalui pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME). 3) Pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dapat diterapkan, ditingkatkan dan dikembangkan dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis. Kata Kunci: Kemampuan representasi matematis, Pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME), Efektivitas pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 27 Oct 2020 09:07
Last Modified: 27 Oct 2020 09:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49801

Actions (login required)

View Item View Item