YENA MUNICHA SISVIANDRI, 165020005 (2020) PENGARUH LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN (SURVEY PADA SISWA KELAS XI RPL SMK NEGERI 2 SUBANG TAHUN AJARAN 2019/2020). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (459kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (479kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (37kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Lingkungan Teman Sebaya pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan kelas XI RPL SMK Negeri 2 Subang Tahun Ajaran 2019/2020; (2) Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan kelas XI RPL SMK Negeri 2 Subang Tahun Ajaran 2019/2020; (3) Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan kelas XI RPL SMK Negeri 2 Subang Tahun Ajaran 2019/2020. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI RPL SMK Negeri 2 Subang Tahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner/angket secara online. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk menjawab pertanyaan penelitian pertama dan kedua, uji prasyarat analisis dan analisis regresi sederhana untuk menjawab pertanyaan penelitian ketiga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Lingkungan Teman Sebaya pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan kelas XI RPL SMK Negeri 2 Subang Tahun Ajaran 2019/2020 dalam kategori sangat baik dengan rata-rata bobot sebesar 4,04; (2) Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan kelas XI RPL SMK Negeri 2 Subang Tahun Ajaran 2019/2020 dalam kategori baik dengan rata-rata bobot sebesar 3,92; (3) Terdapat pengaruh yang signifikan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan kelas XI RPL SMK Negeri 2 Subang Tahun Ajaran 2019/2020 sebesar 63,2% dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Penulis menyarankan kepada pihak-pihak terkait, yakni (i) Bagi guru, diharapkan terus meningkatkan kualitasnya untuk memberikan dukungan atau motivasi penuh terhadap siswa agar terus meningkatkan keaktifan belajar siswa saat proses pembelajaran berlangsung. (ii) Bagi siswa, diharapkan dapat mempertahankan keduanya sehingga hal tersebut mampu meningkatkan dan mempertahankan kualitas diri siswa dalam pembelajaran. (iii) Bagi peneliti selanjutnya, melakukan penelitian dengan topik yang sama, diharapkan dapat mencari lebih banyak sumber informasi dan referensi lain mengenai lingkungan teman sebaya dan keaktifan belajar siswa sehingga hasil dari penelitiannya dapat lebih baik Kata Kunci: Lingkungan Teman Sebaya, Keaktifan Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 27 Oct 2020 04:29 |
Last Modified: | 27 Oct 2020 04:29 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49788 |
Actions (login required)
View Item |