PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SEKOLAH DASAR (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas II pada Sub Tema Tugsku Sehari-Hari di Sekolah Semester I SD Negeri Cihaurkuning 3 Kecamatan Malangbong Kelurahan Cihaurkuning Tahun Pelajaran 2019/2020)

Wanda Muhamad Enuh, 155060188 (2020) PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SEKOLAH DASAR (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas II pada Sub Tema Tugsku Sehari-Hari di Sekolah Semester I SD Negeri Cihaurkuning 3 Kecamatan Malangbong Kelurahan Cihaurkuning Tahun Pelajaran 2019/2020). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.LEMBAR PENGESAHAN ASLI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB I.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. BAB II.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] Text
17. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] Text
18. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] Text
19. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img]
Preview
Text
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berisi tentang penggunaan metode bermain peran untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas II SD Negeri Cihaurkuning 3, pada tema tugasku Seharihari di sekolah. Penelitian ini didasari oleh keterampilan berbicara siswa yang belum mencapai hasil maksimal, paradigma guru yang masih mengaggap bahwa keterampilan berbicara akan dapat dipahami secara sendirinya tanpa harus diajarkan lebih mendalam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Berdasarkan hasil pelaksanaan tindakan yang dilakukan selama 3 siklus, menunjukan adanya peningkatan di setiap siklusnya dari awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran. Penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan metode bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari: pertama adanya peningkatan dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran ( siklus I mencapai 79%, suklus II mencapai 89,5%, siklus III mencapai nilai 98,75%). Selanjutnya ada peningkatan dalam pelaksanaan pembelajran (siklus I mencapai 72,75%, siklus II 91,25%, dan siklus III 98,75%). Ke tiga adanya peningkatan keterampilan berbicara siswa ( siklus I mencapai 30%, siklus II 63%, dan siklus III 89%) ke empat adanya peningkatan hasil belajar siswa ( siklus I mencapai 26%, siklus II 59%, dan siklus III 93%) yang terakhir adanya peningkatan nilai sikap peduli (siklus I mencapai 29%, siklus II 59%, siklus III 89%). Dapat disimpulkan dari hasil yang diperoleh dalam penelitian ini setelah diterapkannya metode bermain peran, maka keterampilan berbicara siswa dapat mengalami peningkatan. Dengan demikian pembelajaran pada tema tugasku sebagai umat beragama dengan menggunakan metode baermain peran dapat dijadikan sebagai suatu metode pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran tematik Kata Kunci: Metode Bermain Peran, Keterampilan Berbicara

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 26 Oct 2020 07:02
Last Modified: 26 Oct 2020 07:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49753

Actions (login required)

View Item View Item