Wanda Muhamad Enuh, 155060188 (2020) PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SEKOLAH DASAR (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas II pada Sub Tema Tugsku Sehari-Hari di Sekolah Semester I SD Negeri Cihaurkuning 3 Kecamatan Malangbong Kelurahan Cihaurkuning Tahun Pelajaran 2019/2020). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text
2.LEMBAR PENGESAHAN ASLI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
8.ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
9. ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB I.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
16. BAB II.pdf Download (170kB) | Preview |
|
Text
17. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
||
Text
18. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (324kB) |
||
Text
19. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
||
|
Text
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (108kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berisi tentang penggunaan metode bermain peran untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas II SD Negeri Cihaurkuning 3, pada tema tugasku Seharihari di sekolah. Penelitian ini didasari oleh keterampilan berbicara siswa yang belum mencapai hasil maksimal, paradigma guru yang masih mengaggap bahwa keterampilan berbicara akan dapat dipahami secara sendirinya tanpa harus diajarkan lebih mendalam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Berdasarkan hasil pelaksanaan tindakan yang dilakukan selama 3 siklus, menunjukan adanya peningkatan di setiap siklusnya dari awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran. Penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan metode bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari: pertama adanya peningkatan dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran ( siklus I mencapai 79%, suklus II mencapai 89,5%, siklus III mencapai nilai 98,75%). Selanjutnya ada peningkatan dalam pelaksanaan pembelajran (siklus I mencapai 72,75%, siklus II 91,25%, dan siklus III 98,75%). Ke tiga adanya peningkatan keterampilan berbicara siswa ( siklus I mencapai 30%, siklus II 63%, dan siklus III 89%) ke empat adanya peningkatan hasil belajar siswa ( siklus I mencapai 26%, siklus II 59%, dan siklus III 93%) yang terakhir adanya peningkatan nilai sikap peduli (siklus I mencapai 29%, siklus II 59%, siklus III 89%). Dapat disimpulkan dari hasil yang diperoleh dalam penelitian ini setelah diterapkannya metode bermain peran, maka keterampilan berbicara siswa dapat mengalami peningkatan. Dengan demikian pembelajaran pada tema tugasku sebagai umat beragama dengan menggunakan metode baermain peran dapat dijadikan sebagai suatu metode pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran tematik Kata Kunci: Metode Bermain Peran, Keterampilan Berbicara
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 26 Oct 2020 07:02 |
Last Modified: | 26 Oct 2020 07:02 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49753 |
Actions (login required)
View Item |