PENGARUH PREDIKSI KEBANGKRUTAN BERDASARKAN MODEL ALTMAN, SPRINGATE DAN ZMIJEWSKI TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Batubara yang Listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019)

NAUFAL FIRAS SUTIA, 164020058 and Dr.H.Atang Hermawan,S.E.,MSIE.AK, Pembimbing (2020) PENGARUH PREDIKSI KEBANGKRUTAN BERDASARKAN MODEL ALTMAN, SPRINGATE DAN ZMIJEWSKI TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Batubara yang Listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019). Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran prediksi kebangkrutan berdasarkan model Altman, Springate Zmijewski dan nilai perusahaan pada perusahaan batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019. Serta mengetahui pengaruh prediksi kebangkrutan berdasarkan model Altman, Springate dan Zmijewski terhadap nilai perusahaan. Kemudian mengetahui apakah ada perbedaan prediksi kebangkrutan berdasarkan model Altman, Springate dan Zmijewski terhadap Nilai Perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan metode verifikatif. Populasi dari penelitian ini adalah 23 perusahaan batubara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yang menghasilkan 19 perusahan yang memenuhi kriteria. Analisis data dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana, uji asumsi klasik, analisis korelasi, koefisien determinasi, dan uji beda (t-test). Sedangkan pengujian hipotesis yang digunakan adalah statistik uji parsial (uji t) menggunakan SPSS 25 for Windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa prediksi kebangkrutan berdasarkan model Altman terdapat pengaruh terhadap nilai perusahaan. Prediksi kebangkrutan berdasarkan model Springate terdapat pengaruh terhadap nilai perusahaan. Prediksi kebangkrutan model Zmijewski tidak terdapat pengaruh terhadap nilai perusahaan. Prediksi kebangkrutan berdasarkan masing-masing model tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap nilai perusahaan. Model Altman adalah model yang paling berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan dengan nilai koefesien determinasi sebesar 11,5%, selanjutnya adalah model Springate 9,2%, kemudian Zmijewski 1,2%. Kata kunci: Prediksi Kebangkrutan, Kinerja Keuangan, Altman, Springate, Zmijewski, Nilai Perusahaan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2016
Depositing User: Mr Farid -
Date Deposited: 26 Oct 2020 05:15
Last Modified: 26 Oct 2020 05:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49737

Actions (login required)

View Item View Item