ANALISIS HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL (Analisis Deskriptif Kualitatif dengan Teknik Studi Literatur di Sekolah Dasar)

RAFI HADI PRADANA, 165060156 (2020) ANALISIS HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL (Analisis Deskriptif Kualitatif dengan Teknik Studi Literatur di Sekolah Dasar). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengehasan.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Abstrak Bahasa Indonesia.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Abstrak Bahasa Inggris.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrak Bahasa Sunda.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (814kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (580kB) | Preview
[img] Text
8. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img]
Preview
Text
11. Daftar Pustaka.pdf

Download (479kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kebenaran bahwa media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research) yang merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data yang dihimpun melalui studi kepustakaan berupa buku-buku, jurnal nasional dan internasional dengan mengumpulkan beberapa penelitian terdahulu tentang hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media audio visual. Berdasarkan hasil penelitian dari beberapa jurnal peneliti terdahulu menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di sekolah dasar, karena media audio visual dapat menjadi daya tarik peserta didik dalam proses pembelajaran berlangsung. Namun, dari beberapa jurnal ada yang menunjukkan bahwa media audio visual menimbulkan beberapa kendala dalam proses pembelajarannya dikarenakan dapat membuat peserta didik menjadi egois, kurang fokus, kurang konsentrasi bahkan ada yang asik sendiri dan tidak kondusif dalam kegiatan penyampaian materi yang dilakukan oleh guru. Maka dari itu setiap guru harus memahami dan menguasai media yang akan digunakannya. Kesimpulannya, media audio visual merupakan media pembelajaran yang cocok untuk diterapkan dalam pembelajaran di Sekolah Dasar. Karena, dengan menggunakan media audio visual dalam pembelajaran di kelas terdapat dampak yang positif bagi peserta didik terhadap kedisiplinan, antusias, keaktifan serta kreatifitas peserta didik yang menjadi satu pada saat pembelajaran dilaksanakan. Hasil belajar merupakan puncak dari keberhasilan belajar peserta didik terhadap tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dan merupakan tolak ukur dari keberhasilan proses pembelajaran yang telah dilakukan. Hasil belajar peserta didik didalam pembelajaran menggunakan media audio visual mempunyai pengaruh yang sangat signifikan karena media audio visual dapat menjadi daya tarik peserta didik dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Hasil Belajar Peserta Didik, Media Audio Visual, Studi Kepustakaan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 26 Oct 2020 04:37
Last Modified: 26 Oct 2020 04:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49728

Actions (login required)

View Item View Item