ORIENTASI STRATEGI INDONESIA DALAM MEMPROMOSIKAN INDUSTRI PARIWISATA PASCA PENYELENGGARAAN PIALA DUNIA FIFA 2018 RUSIA

Fikry Nurfaidzin, 162030164 (2020) ORIENTASI STRATEGI INDONESIA DALAM MEMPROMOSIKAN INDUSTRI PARIWISATA PASCA PENYELENGGARAAN PIALA DUNIA FIFA 2018 RUSIA. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
COVER.docx

Download (53kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (36kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (327kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (223kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx

Download (352kB)
[img] Text
ABSTRAK 3 BAHASA.docx

Download (19kB)

Abstract

Piala Dunia merupakan agenda terbesar sepakbola yang dinaungi oleh induk sepakbola dunia yaitu Federation Internationale de Football Association (FIFA). Dari setiap penyelenggaraannya, event Piala Dunia selalu menyedot perhatian dunia. Hal tersebut tentu memiliki manfaat bagi negara tuan rumah, negara peserta, dan bahkan negara bukan peserta, termasuk Indonesia yang notabene bukan negara peserta Piala Dunia. Penulis mencoba menganalisis strategi pemasaran pariwisata Indonesia dalam meningkatkan wisatawan mancanegara. Dalam pelaksanaan Piala Dunia FIFA 2018 di Rusia, Indonesia sebenarnya bukanlah negara peserta. Namun, Indonesia mencoba memanfaatkan momentum penyelenggaraan Piala Dunia FIFA 2018 Rusia dengan melakukan promosi pariwisata. Indonesia memanfaatkan momen Piala Dunia FIFA 2018 Rusia ini untuk menggaungkan pariwisata Indonesia. Terdapat beberapa cara promosi yang dilakukan oleh Indonesia, diantaranya pemasangan billboard-billboard bernuansa Indonesia di Rusia, serta pemasangan lambang Wonderful Indonesia dan gambar-gambar destinasi wisata di Indonesia. Promosi pariwisata tersebut tentunya bertujuan untuk mengenalkan pariwisata, yang nantinya diharapkan menjadi strategi untuk meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara ke Indonesia. Pada karya tulis ini, penulis akan mengupas indikator-indikator penunjang kesuksesan promosi pariwisata. Setidaknya indikator-indikator penunjang ini dapat Indonesia lakukan mengingat Indonesia perlu untuk meningkatkan kualitas pariwisata Indonesia baik secara langsung maupun tidak langsung. Indikator-indikatornya yaitu pemberdayaan masyarakat, penyediaan fasilitas aksesibilitas, dan penyediaan fasilitas pariwisata. Penulis meyakini indikator-indikator tersebut mampu menopang strategi promosi yang telah dilakukan oleh Indonesia. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif-analisis. Metode ini adalah metode penelitian yang bersumber pada data-data tertulis dan/atau studi literatur lainnya. Penulis akan menjelaskan permasalahan yang diangkat menjadi sebuah fokus penelitian pada penelitian ini, serta mengumpulkan dan mengkolektifkan data, menyusun data, mengolah data mengenai Pariwisata Indonesia, Piala Dunia FIFA 2018 Rusia dan menjabarkan bagaimana Indonesia dapat memanfaatkan momentum penyelenggaran Piala Dunia FIFA 2018 Rusia ini. Strategi-strategi promosi yang sudah dicanangkan oleh Indonesia perlu ditopang oleh pembangunan infrastrukutur dalam negeri dan pemberdayaan masyarakat yang secara tidak langsung dapat memberikan nilah tambah bagi pariwisata Indonesia. Dengan mapannya pembangunan pariwisata di Indonesia, maka sudah barang tentu Indonesia akan lebih percaya diri dalam mempromosikan pariwisatanya. Kata Kunci: Promosi Pariwisata, Indonesia, Piala Dunia, FIFA, Wisatawan Mancanegara

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2016
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 26 Oct 2020 04:00
Last Modified: 26 Oct 2020 04:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49723

Actions (login required)

View Item View Item