Maria Theresia Gabdin, 165010003 (2020) PERANAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER WARGA NEGARA ABAD 21 PADA PERSERTA DIDIK (Studi Kasus di SMA Al Falah Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover-dikonversi.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN-dikonversi.pdf Download (485kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B Indo-dikonversi.pdf Download (46kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT B ing-dikonversi.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I PENDAHULUAN-dikonversi.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II-dikonversi.pdf Download (267kB) | Preview |
|
Text
BAB III-dikonversi.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
||
Text
BAB IV-dikonversi.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) |
||
Text
BAB V-dikonversi.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf Download (62kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana seorang guru PPKn berperan dalam menumbuhkan karakter warga negara abad 21 pada peserta didik kelas XI IPS SMA Al Falah Kota Bandung. Penelitian ini memfokuskan pada kinerja seorang guru PPKn saat proses pembelajaran di kelas dengan membawakan materi mengenai karakter warga negara abad 21 yaitu kemampuan berkolaboratif pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Tahapan yang digunakan dalam penelitian yaitu melaui Wawancara dan Studi Literasi. Narasumber atau informan dalam penelitian ini yaitu guru PPKn dan peserta didik kelas XI IPS di SMA Al Falah kota Bandung. Adapun hasil yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu Guru PPKn telah memiliki perencanaan pembelajaran sebelum memulai kegiatan pembelajaran di kelas, Guru PPKn melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah dan diskusi kelompok guna menumbuhkan karakter kolaboratif dari peserta didik, Guru PPKn memiliki kendala internal dan ektsternal dalam menumbuhkan karakter warga negara abad 21 pada peserta didik selama pembelajaran dan Guru PPKn memiliki upaya atau langkah-langkah dalam mengatasi kendala-kendala yang ada agar tercapainya proses pembelajaran dalam menumbuhkan karakter warga negara abad 21 pada peserta didik. Selanjutnya kesimpulan yang diberikan dalam penelitian ini terkait dengan berbagai penemuan hasil penelitian dan saran yang diberikan dalam penelitian ini antara lain kepada Guru PPKn, Peserta Didik dan Sekolah agar dapat menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya sehingga tercapailah cita-cita yang diinginkan bersama. Kata Kunci: Peran Guru PPKn, Karakter Warga Negara Abad 21, Peserta Didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 26 Oct 2020 03:47 |
Last Modified: | 26 Oct 2020 03:47 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49719 |
Actions (login required)
View Item |