PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIRED STORY TELLING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERCERITA TEKS FANTASI DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 CIMAUNG

DADI MULYADI, NPM. 158090022 (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIRED STORY TELLING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERCERITA TEKS FANTASI DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 CIMAUNG. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
DADI MULYADI_MBI copy.docx

Download (136kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model kooperatif tipe paired story telling, untuk mengukur keterampilan bercerita peserta didik, dan mengetahui dampak penerapan model pembelajaran kooperatif tipe paired story telling terhadap keaktifan belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kombinasi yaitu penelitian dengan mengabungkan dua bentuk penelitian yaitu penelitian kualitatif dan kuantitatif. Penelitian menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe paired story telling dan kelas kontrol dengan menggunakan model konvensional. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Cimaung Kabupaten Bandung dengan jumlah 40 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri atas instrumen tes kinerja keterampilan bercerita, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa, serta angket respon guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa model kooperatif tipe paired story telling berpengaruh besar terhadap peningkatan keterampilan bercerita dan keaktifan belajar peserta didik. Hasil uji paired sample t-test keterampilan bercerita diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 (< 0,05), artinya terdapat perbedaan yang signifikan nilai rata-rata keterampilan bercerita pretest dan posttest siswa. Sementara itu, untuk uji independent sample t-test keterampilan bercerita diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,021<  = 0,05, artinya terdapat perbedaan yang signifikan nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe paired story telling berpengaruh terhadap keaktifan belajar peserta didik dengan persentase keaktifan sebesar 80.50 %.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 26 Oct 2020 03:22
Last Modified: 26 Oct 2020 03:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49713

Actions (login required)

View Item View Item