HUBUNGAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Korelasi Pada Siswa Kelas V SDN Komplek Nanjung 01, 02, dan 03)

Wahyuni Tries Suhaibar X, 165060024 (2020) HUBUNGAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Korelasi Pada Siswa Kelas V SDN Komplek Nanjung 01, 02, dan 03). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (101kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (31kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Hasil belajar yang maksimal, salah satu faktor yang mempengaruhinya yaitu minat. Kurangnya minat siswa menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan minat belajar siswa SDN Komplek Nanjung 01, 02, dan 03, (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa SDN Komplek Nanjung 01, 02, dan 03, (3) untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa di SDN Komplek Nanjung 01, 02, dan 03. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian korelasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 129 siswa dan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, kuesioner (angket), dan dokumentasi. Uji prasyarat analisi menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi Product Moment dengan program SPSS for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) minat belajar siswa kelas V SDN Komplek Nanjung 01, 02, dan 03 berdasarkan mean sebesar 48,8 berada dalam kategori sedang dengan persentase 62,8%, (2) hasil belajar siswa berdasarkan mean 81,4 berada dalam kategori sedang dengan persentase 64,3%, (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa SDN Komplek nanjung 01, 02, dan 03, hal ini dapat dilihat dari hasil pengolahan data bahwa hasil analisis korelasi product moment terdapat nilai signifikansi sebesar 0,018 < 0,05. Maka dapat disimpulkan hipotesis pada penelitian ini diterima yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa kelas V SDN Komplek Nanjung 01, 02, dan 03. Kata kunci: Minat belajar, Hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 26 Oct 2020 03:15
Last Modified: 26 Oct 2020 03:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49711

Actions (login required)

View Item View Item