Wahyuni Tries Suhaibar X, 165060024 (2020) HUBUNGAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Korelasi Pada Siswa Kelas V SDN Komplek Nanjung 01, 02, dan 03). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (101kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (358kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (31kB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar yang maksimal, salah satu faktor yang mempengaruhinya yaitu minat. Kurangnya minat siswa menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan minat belajar siswa SDN Komplek Nanjung 01, 02, dan 03, (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa SDN Komplek Nanjung 01, 02, dan 03, (3) untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa di SDN Komplek Nanjung 01, 02, dan 03. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian korelasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 129 siswa dan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, kuesioner (angket), dan dokumentasi. Uji prasyarat analisi menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi Product Moment dengan program SPSS for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) minat belajar siswa kelas V SDN Komplek Nanjung 01, 02, dan 03 berdasarkan mean sebesar 48,8 berada dalam kategori sedang dengan persentase 62,8%, (2) hasil belajar siswa berdasarkan mean 81,4 berada dalam kategori sedang dengan persentase 64,3%, (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa SDN Komplek nanjung 01, 02, dan 03, hal ini dapat dilihat dari hasil pengolahan data bahwa hasil analisis korelasi product moment terdapat nilai signifikansi sebesar 0,018 < 0,05. Maka dapat disimpulkan hipotesis pada penelitian ini diterima yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa kelas V SDN Komplek Nanjung 01, 02, dan 03. Kata kunci: Minat belajar, Hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 26 Oct 2020 03:15 |
Last Modified: | 26 Oct 2020 03:15 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49711 |
Actions (login required)
View Item |