PENDUGAAN UMUR SIMPAN DENGAN METODE ACCELERATED SHELF LIFE TEST DENGAN PENDEKATAN ARRHENIUS PADA PRODUK NUGGET IKAN GABUS (Channa striata)

Wini Mutiara Fitriani, mhs and Nana Sutisna Achyadi, Dosen and Hasnelly, DS (2020) PENDUGAAN UMUR SIMPAN DENGAN METODE ACCELERATED SHELF LIFE TEST DENGAN PENDEKATAN ARRHENIUS PADA PRODUK NUGGET IKAN GABUS (Channa striata). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
WINI MUTIARA FITRIANI_143020124_TEKNOLOGI PANGAN.pdf

Download (563kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui umur simpan nugget ikan gabus pada suhu penyimpanan yang berbeda menggunakan metode Accelerated Shelf Life Test (ASLT) model Arrhenius. Penelitian ini dibagi dalam dua tahap, yaitu penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Penelitian pendahuluan dilakukan untuk mencari parameter kritis dengan uji organoleptik dan analisis kimia dan mikrobiologi. Penelitian utama dilakukan untuk menghitung umur simpan nugget ikan gabus menggunakan metode Arrhenius pada suhu penyimpanan yang berbeda pada suhu 15 0C, 25 0C, dan 35 0C yang disimpan selama 20 hari dengan interval waktu pengamatan 5 hari pada parameter kadar air dan angka lempeng total. Hasil dari penelitian pendahuluan menunjukan bahwa nugget ikan gabus yang disimpan pada suhu 45 0C ditolak panelis pada hari ke-2. Hasil penelitian utama menunjukan bahwa nugget ikan gabus memiliki umur simpan paling panjang dengan energi aktivasi (Ea) terendah pada pada parameter kadar air dengan umur simpan pada suhu 15 0C yaitu 9 hari, suhu 25 0C yaitu 8 hari dan pada suhu 35 0C yatu 6 hari. Kata kunci: Accelerated Shelf Life Test, Nugget Ikan Gabus

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 26 Oct 2020 06:28
Last Modified: 26 Oct 2020 06:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49710

Actions (login required)

View Item View Item