Pemberdayaan UMKM Melalui Program Kemitraan dalam Perspektif Pekerjaan Sosial (Studi pada UMKM Binaan PT. Telekomunikasi di Kota Bandung)

Prima Putri Asrianty, 162020063 (2020) Pemberdayaan UMKM Melalui Program Kemitraan dalam Perspektif Pekerjaan Sosial (Studi pada UMKM Binaan PT. Telekomunikasi di Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Image
LEMBAR PENGESAHAN.JPG

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (38kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan, menggambarkan proses pemberdayaan, bentuk-bentuk pemberdayaan, faktor-faktor pendukung dan penghambat, upaya-upaya untuk mengatasi hambatan, hasil dari pemberdayaan, dan implikasi praktis pekerjaan sosial dari hasil pemberdayaan untuk ketahanan keluarga. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, berlokasi di PT. Telekomunikasi Indonesia Jalan Lembong No. 11-15 Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pemberdayaan yang diberikan oleh PT. Telekomunikasi adalah daftar secara online, melakukan wawancara, menyerahkan persyaratan, dan melakukan survei ke, bentuk￾bentuk pemberdayaan yang diberikan oleh PT. Telekomunikasi adalah peminjaman modal, menyelenggarakan pameran, mengikuti pelatihan keuangan, dan mengikuti pelatihan marketing. Adapun faktor pendukung dan penghambat karyawan PT. Telekomunikasi dan UMKM penerima manfaat yaitu hambatan geografis, hambatan teknis dan hambatan dari UMKM. Upaya-upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan di atas dengan melakukan koordinasi dengan UMKM, dan melakukan survei kepada UMKM. Hasil pemberdayaan yang diberikan oleh PT. Telekomunikasi kepada pelaku UMKM yaitu produk dan jasa, penghasilan UMKM meningkat dan tidak stabil, dan pengetahuan UMKM mengenai bisnis, bertambahnya wawasan dalam bisnis, bisnis menjadi lebih serius. Adapun peran- peran yang dijalankan oleh karyawan PT. Telekomunkasi adalah sebagai pemberdaya bagi pelaku UMKM binaannya adalah sebagai enabler, fasilitator, dan juga mediator. Rekomendasi kepada diharapkan PT. Telekomunikasi juga dapat memberikan pemberdayaan lain yang dikhususkan untuk para pelaku UMKM yang menghasilkan jasa, dan diharapkan untuk terus bisa mengawasi dan melakukan koordinasi dengan mitra UMKM yang tersebar di kota Bandung secara berkala agar program kemitraan bisa berjalan dengan baik, dan tidak ada mitra yang mengalami kesulitan dalam menjalankan usahanya tersebut. Kata Kunci: Pemberdayaan UMKM, UMKM, Program Kemitraan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2016
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 24 Oct 2020 03:28
Last Modified: 24 Oct 2020 03:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49689

Actions (login required)

View Item View Item