STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DINAS KESEHATAN DALAM PENANGANAN PENYAKIT ASMA DI KOTA BANDUNG

Yonifa Oktaviani Purnamasari, 162010118 (2020) STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DINAS KESEHATAN DALAM PENANGANAN PENYAKIT ASMA DI KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
2. LEMBAR PERNYATAAN.docx

Download (18kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.docx

Download (21kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (14kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (88kB)
[img] Text
1. COVER.docx

Download (37kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)

Abstract

Strategi dalam peningkatan kualitas pelayanan publik sangat dibutuhkan oleh setiap organisasi terlebih organisasi publik demi terciptanya pelayanan yang optimal dan prima. Melihat meningkatnya kasus asma dan angka kematian yang disebabkan oleh asma di Kota Bandung, maka harus segera merumuskan strategi yang tepat dengan menggunakan Analisis SWOT. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi apa yang seharusnya ada dan dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Bandung dengan menganalisis faktor lingkungan internal (kekuatan, kelemahan) maupun eksternal (peluang, ancaman) Penelitian ini mengguankan metode kualitatif dan teknik pengumpulan datanya melalui observasi, serta wawancara mendalam kepada pegawai baik Dinas Kesehatan Kota Bandung maupun pegawai UPT Puskesmas. Hasil penelitian ini berdasarkan perhitungan bobot dan rating menghasilkan titik koordinat yaitu (0,25 : 0,14) dalam diagram menunjukkan bahwa Dinas Kesehatan berada pada posisi kuadran I. Posisi ini menandakan bahwa Dinas Kesehatan kuat dan berpeluang, maka strategi yang tepat yaitu strategi agresif yang artinya Dinas Kesehatan Kota Bandung dalam kondisi yang prima yang memungkinkan untuk terus berkembang dan meningkatkan potensi yang dimiliki. Strategi agresif dibuat dengan menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang (strategi SO), yaitu a) Meningkatkan kualitas pelayanan untuk menambah kepercayaan masyarakat, b) Mengoptimalkan kinerja dari para pegawai, c)Mempererat hubungan kerjasama dengan CSR dan menciptakan inovasi baru dalam pelayanan, d) Meningkatkan kompetensi pegawai, e) Menciptakan hubungan baik dengan masyarakat agar terciptanya suatu kenyamanan masyarakat ketika berobat, f) Menambah sarana seperti Nebulizer. Kata Kunci : Strategi, Pelayanan Publik, Analisis SWOT

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2016
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 23 Oct 2020 09:54
Last Modified: 23 Oct 2020 09:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49679

Actions (login required)

View Item View Item