Revani Natasha Hariyanto, Robi Rusdiana.,S.Pd.,M.Sn (2020) “SILAM” Revani Natasha Hariyanto: 156040054. Skripsi(S1) thesis, Seni Musik.
|
Text
Abstrak Bahasa dan English.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (347kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (731kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (750kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (83kB) | Preview |
Abstract
Menjadi tunanetra sejak lahir membuat penulis mengalami fase terberat dalam hidup. Keterbatasan sempat membuat penulis terpuruk. Di tengah-tengah keterpurukan tersebut, penulis mendapat sentuhan kasih Tuhan yang mengalir melalui ibadah Taizé. Momen tersebut menjadi awal kebangkitan hidup bagi penulis. Penulis mencoba menggambarkan pengalaman hidup dan momen spiritual ibadah Taizé tersebut melalui bentuk karya musik yang diberi judul, “SILAM”. Karya musik “SILAM” ini berdurasi 6:57 menit dan terdiri dari 5 bagian, yaitu “Sedih”, “Imajinasi”, “Liar”, “Arah Hidup Baru” dan “Manusia Baru”, yang merupakan singkatan dari judulnya, “SILAM”. Karya musik “SILAM” ini mengacu pada unsur musik ibadah Taizé yang menggunakan banyak repetisi/pengulangan. Untuk memperkuat makna pada setiap bagian musik, penulis mengkolaborasikan soundscapes yang direkam dari berbagai sumber bunyi di alam serta ambience dan soundscapes yang dihasilkan melalui midi controller. Melalui soundscapes, penulis mencoba mengkomunikasikan tanda perpindahan bagian serta makna lagu yang berbeda berdasarkan sumber suaranya. Melalui ambience, penulis mencoba menghidupkan makna pada setiap bagian lagu. Ambience dalam karya musik “SILAM” ini juga berfungsi sebagai pengiring melodi utama yang dimainkan menggunakan violin oleh penulis. Penulis mengilustrasikan makna bunyi pada karya musik “SILAM” ini ke dalam bentuk video yang menggunakan konsep pertunjukan acousmatics pada beberapa bagian video. Melalui karya musik “SILAM” ini, penulis belajar mengolah rasa musikal dan mengenal bentuk taizé, ambience, soundscapes serta konsep pertunjukan acousmatics. Kata kunci: karya musik “SILAM”, taizé, ambience, soundscapes, acousmatics.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Seni dan Sastra > Seni Musik 2018 |
Depositing User: | oman rohman |
Date Deposited: | 23 Oct 2020 06:51 |
Last Modified: | 23 Oct 2020 06:51 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49670 |
Actions (login required)
View Item |