HUBUNGAN ANTARA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DENGAN KEBERFUNGSIAN SOSIAL KELOMPOK PENGGERAK PARIWISATA KAMPUNG ADAT BANCEUY ( STUDI KASUS TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM EKOWISATA PKPU HUMAN INITIATIVE JABAR DI KABUPATEN SUBANG )

Ikhsan Maulana, 162020022 (2020) HUBUNGAN ANTARA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DENGAN KEBERFUNGSIAN SOSIAL KELOMPOK PENGGERAK PARIWISATA KAMPUNG ADAT BANCEUY ( STUDI KASUS TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM EKOWISATA PKPU HUMAN INITIATIVE JABAR DI KABUPATEN SUBANG ). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SKRIPSI IKHSAN.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan skripsi ikhsan.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (286kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Hubungan Antara Pemberdayaan Masyarakat Dengan Keberfungsian Sosial Kelompok Penggerak Pariwisata kampung Adat Banceuy ( Studi Kasus Terhadap Pelaksanaan Program Ekowisata PKPU Human Initiative jabar di Kabupaten Subang )”. Pelaksanaan program Ekowisata ini dilaksanakan oleh lembaga PKPU Human Initiative JABAR yang dimana menjadi mitra kerja, Program itu sengaja dirancang untuk meningkatkan potensi wisata yang ada di kampung adat banceuy, serta mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar. Sasaran program ekowisata ini adalah para pemuda pengangguran, putus sekolah, tokoh masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi tentang pemberdayaan masyarakat di kampung adat banceuy melalui program ekowisata, serta untuk memperoleh data dan informasi tentang keberfugsian sosial Kelompok penggerak pariwisata di kampung adat banceuy dan untuk memperoleh data dan informasi tentang hubungan antara pemberdayaan masyarakat dengan keberfungsian sosial kelompok penggerak pariwisata di kampung adat banceuy. Metode yang digunakan adalah deskriptif analisis, dan teknik pengumpulan data adalah angket, observasi non partisipan dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok penggerak pariwisata yang menerima manfaat program ekowisata di Lembaga PKPU Human Initiative JABAR sebanyak 61 pemuda dan masyarakat. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Skala dalam penelitian ini menggunakan skala ordinal. Untuk pengujian hipotesis menggunakan statistik uji Rank Spearman (rs). Hasil penelitian menujukan bahwa terdapat hubungan atau korelasi yang kuat dan searah, bahwa Hubungan antara pemberdayaan masyarakat dengan keberfungsian sosial kelompok penggerak pariwisata kampug adat banceuy sangat tinggi, sehingga dapat dikatakan bahwa pemberdayaan masyarakat kelompok penggerak pariwisata yang menerima manfaat program ekowisata berhubungan dengan keberfungsian sosial. Kata kunci: Pemberdayaan Masyarakat, program ekowisata pkpu human initiative jabar , keberfungsian sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2016
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 23 Oct 2020 03:51
Last Modified: 23 Oct 2020 03:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49659

Actions (login required)

View Item View Item