PENGARUH VARIASI KONDISI pH dan PERBANDINGAN SARI TEMULAWAK DENGAN SUKROSA TERHADAP KARAKTERISTIK MINUMAN SERBUK TEMULAWAK (Curcuma xanthorriza Roxb.) DENGAN METODE KO-KRISTALISASI

Ghinna Monica Aliyyah, Mhs (2020) PENGARUH VARIASI KONDISI pH dan PERBANDINGAN SARI TEMULAWAK DENGAN SUKROSA TERHADAP KARAKTERISTIK MINUMAN SERBUK TEMULAWAK (Curcuma xanthorriza Roxb.) DENGAN METODE KO-KRISTALISASI. Skripsi(S1) thesis, Universitas PAsundan.

[img]
Preview
Text
GhinnaMonicaAliyyah_143020310_TeknologiPangan.pdf

Download (485kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah melihat pengaruh variasi kondisi pH dan perbandingan sari temulawak dengan sukrosa terhadap minuman serbuk temulawak. Rancangan penelitian yaitu menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan pola faktorial 3x3 terdiri dari 2 (dua) faktor dengan 3 (tiga) kali ulangan, sehingga diperoleh 27 satuan percobaan. Faktor A merupakan kondisi pH yang terdiri dari 3 taraf yaitu a1 (pH 5), a2 (pH 6), a3 (pH 7) serta faktor B merupakan perbandingan sari temulawak dengan sukrosa yang terdiri dari 3 taraf yaitu b1 (1:2), b2 (1,25:1,75), b3 (1,5:1,5). Respon pada penelitian ini yaitu respon organoleptik meliputi warna serbuk dan warna serbuk setelah diseduh. Respon Kimia meliputi kadar gula pereduksi dan kadar air. Respon fisik meliputi rendemen, intensitas warna dan kecepatan waktu kelarutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi kondisi pH berpengaruh terhadap rendemen, intensitas warna dan waktu kelarutan tetapi tidak berpengaruh terhadap gula pereduksi dan kadar air mninuman serbuk temulawak. Perbandingan sari temulawak dengan sukrosa berpengaruh terhadap kadar gula pereduksi, kadar air, rendemen, intensitas warna dan waktu kelarutan minuman serbuk temulawak. Interaksi variasi kondisi pH dan perbandingan sari temulawak dengan sukrosa berpengaruh terhadap rendemen, intensitas warna dan waktu kelarutan tetapi tidak berpengaruh terhadap kadar gula pereduksi, dan kadar air minuman serbuk sari temulawak. Kata kunci : Temulawak, sukrosa, pH, minuman serbuk, kristalisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 22 Oct 2020 03:47
Last Modified: 22 Oct 2020 03:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49632

Actions (login required)

View Item View Item