ANALISIS BEBAN KERJA KARYAWAN DENGAN METODE FULL TIME EQUIVALENT DAN MODEL SIMULASI ARENA (STUDI KASUS : CV LIARIE RADHA KAYANA CIKARANG)

ANJAS MAULADIN :, Mhs (2020) ANALISIS BEBAN KERJA KARYAWAN DENGAN METODE FULL TIME EQUIVALENT DAN MODEL SIMULASI ARENA (STUDI KASUS : CV LIARIE RADHA KAYANA CIKARANG). Skripsi(S1) thesis, Universitas PAsundan.

[img]
Preview
Text
Anjas Mauladin_153010197_Teknik Industri.pdf

Download (564kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

CV Liarie Radha Kayana adalah usaha kecil menengah (UKM) di bidang konveksi yang memproduksi Kaos, Seragam Karyawan, Jaket, Rompi, Topi, Sweater, Werpack, Aneka Tenda dan Velbed. Pada kegiatan proses produksi tidak selalu berjalan dengan lancar terjadi penumpukan berlebih di stasiun pemotongan dan penjahitan yang mengakibatkan adanya waktu tunggu untuk proses kerja selanjutnya maka dengan permasalahan tersebut penulis bermaksud mengukur seberapa besar beban kerja yang di terima dan melakukan perbaikan (evaluasi) beban kerja apakah dengan jumlah pekerja yang berjumlah dua orang pada stasiun pemotongan dan penjahitan sudah optimal. Penelitian ini menggunakan metode Full Time Equivalent (FTE), merupakan sebuah metode analisis beban kerja yang mengukur waktu penyelesaian kerja serta arena yang digunakan sebagai alat simulasi pada penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan metode FTE diketahui bahwa beban kerja yang berlebih (Overload) pada stasiun pemotongan dan penjahitan, dimana 2 operator di stasiun pemotongan dan penjahitan memiliki beban kerja yang melebih normal yaitu 1,56 untuk operator 1 dan 1,56 untuk operator 2 dengan nilai keseimbangan sebesar 122%. Untuk itu dilakukan perbaikan atau evaluasi dengan menambahkan 1 operator maka nilai keseimbangan dari sebelumnya 122% menjadi 81% dan didapatkan bahwa jumlah tenaga kerja optimal di stasiun pemotongan dan penjahitan sebanyak 3 operator. Kata kunci: Full Time Equivalent, Arena, CV Liarie Radha Kayana.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 21 Oct 2020 06:06
Last Modified: 21 Oct 2020 06:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49595

Actions (login required)

View Item View Item