PEMBELAJARAN GEOMETRI DIMENSI TIGA MELALUI MODEL MASTERY LEARNING DENGAN PRODUK VIDEOSCRIBE SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR SISWA SMK MAHAPUTRA

Agfie Nurani Hanifah, NPM : 188060008 (2020) PEMBELAJARAN GEOMETRI DIMENSI TIGA MELALUI MODEL MASTERY LEARNING DENGAN PRODUK VIDEOSCRIBE SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR SISWA SMK MAHAPUTRA. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Agfie.docx

Download (47kB)

Abstract

Agfie Nurani Hanifah. (2020). Pembelajaran Geometri Dimensi Tiga melalui Model Mastery Learning dengan Produk Videoscribe serta Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Minat Belajar Siswa SMK Mahaputra. Permasalahan pada penelitian ini diperoleh melalui studi pendahuluan di SMK Mahaputra dimana siswa memiliki kemampuan berpikir kritis yang tergolong rendah hampir dalam setiap indikator, permasalahan timbul dikarenakan kurangnya pemanfaatan teknologi dalam penggunaan media pembelajaran. Dikarenakan sekolah memiliki fasilitas yang memadai oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah memfasilitasi keterampilan siswa sesuai dengan kompetensi keahlannya yaitu multimedia. Salah satu aplikasi pembelajaran yang mendukung adalah videoscribe melaui model mastery learning, selain dapat mengasah kemampuan berpikir kritis siswa, aplikasi videoscribe dapat meningkatkan minat belajar siswa terhadap matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah konvergen. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Multimedia di SMK Mahaputra Kabupaten Bandung. Adapun instrumen tes kemampuan berpikir kritis yang diberikan sebanyak 6 soal yang disertai dengan angket minat belajar, lembar observasi dan wawancara pada masing-masing siswa. Kemudian hasil yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan inferensial, hasil menunjukan bahwa siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan produk videoscribe melalui mastery learning menunjukan hasil yang lebih baik dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Minat Belajar, Mastery Learning, Videoscribe.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 21 Oct 2020 03:00
Last Modified: 21 Oct 2020 03:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49580

Actions (login required)

View Item View Item