PEMECAHAN MASALAH, KOMUNIKASI MATEMATIS, KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN INTERPERSONAL MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM POSING.

A.Sy. Dina Dwiyana, NPM : 178060044 (2020) PEMECAHAN MASALAH, KOMUNIKASI MATEMATIS, KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN INTERPERSONAL MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM POSING. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Dina Dwiyana.docx

Download (156kB)
[img] Text
Artikel Dina Dwiyana.docx

Download (156kB)

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan menggali upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, komunikasi matematis, kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan interpersonal peserta didik melalui penerapan problem posing pada pembelajaran matematika di Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 9.2 SMP Negeri 18 Bandung tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data meliputi: tes kemampuan, wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul diolah menggunakan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini, ketuntasan kemampuan komunikasi matematis pada siklus I masuk kriteria sedang, pada siklus II terjadi peningkatan persentase capaian, tetapi masih berada pada kriteria sedang; sedangkan pada siklus III terjadi peningkatan dengan presentase yang semakin besar, dan berada pada kriteria tinggi. Sedangkan pada kemampuan memecahkan masalah, pada siklus I masuk kriteria sedang, pada siklus II terjadi peningkatan persentase capaian, dan berada pada kriteria tinggi; sedangkan pada siklus III terjadi peningkatan dengan presentase yang semakin besar, dan berada pada kriteria tinggi. Untuk kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan interpersonal pada kelas eksperimen dengan penggunaan model pembelajaran problem posing, relatif lebih baik dari kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem posing pada siswa kelas 9.2 SMP Negeri 18 Bandung tahun pelajaran 2019/2020 dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis, kemampuan dalam pemecahan masalah, serta meningkatkan kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan interpersonal siswa. Kata Kunci: Problem posing, Komunikasi Matematis, Pemecahan Masalah, Kecerdasan Intrapersonal dan Kecerdasan Interpersonal

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 21 Oct 2020 02:46
Last Modified: 21 Oct 2020 02:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49578

Actions (login required)

View Item View Item