UJI KOMPETENSI GITAR ELEKTRIK SEBAGAI SALAH SATU SYARAT KELULUSAN PROGRAM KEAHLIAN SENI MUSIK DI SMK NEGERI 10 BANDUNG. Muhamad Ikhsan Kusma Pratama: 156040017

Muhamad Ikhsan Kusma P, Hinhin Agung Daryana, S. Sn., M. Sn. (2020) UJI KOMPETENSI GITAR ELEKTRIK SEBAGAI SALAH SATU SYARAT KELULUSAN PROGRAM KEAHLIAN SENI MUSIK DI SMK NEGERI 10 BANDUNG. Muhamad Ikhsan Kusma Pratama: 156040017. Skripsi(S1) thesis, Seni Musik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI IKHSAN.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Abstrak : Uji Kompetensi Keahlian (UKK) adalah bagian dari intervensi Pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan. Penelitian ini membahas tentang “Uji Kompetensi Gitar Elektrik Sebagai Salah Satu Syarat Kelulusan Program Keahlian Seni Musik Di SMK Negeri 10 Bandung”. Teknik pengujian dikemas dalam bentuk pagelaran sehingga siswa/siswi peserta uji seakan sedang melakukan pertunjukkan yang ditonton oleh banyak orang. Pada Penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data-data diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan guru sekaligus penguji serta siswa/siswi yang mengikuti uji kompetensi keahlian. Hasil penemuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan tolok ukur yang menjadi standar kelayakan kelulusan siswa dalam uji kompetensi gitar elektrik serta persiapan siswa dalam menghadapi uji kompetensi gitar elektrik. Pelaksanaan uji kompetensi bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa/siswi pada level tertentu sesuai kompetensi keahlian yang ditempuh selama masa pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan dan dalam penilaian terdapat pedoman penilaian bagi penguji untuk menentukan nilai para peserta uji saat sedang melaksanakan ujian yang telah dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Syarat mengikuti uji kompetensi bagi peserta uji selain menyiapkan partitur materi yang akan diuji, juga beberapa point yang disatukan dalam sebuah proposal uji kompetensi seperti latar belakang pemilihan materi, struktur penyajian, pemilihan kostum, tata letak pemateri saat di panggung serta peralatan dan fasilitas yang digunakan peserta saat mengikuti ujian. Kata Kunci : Uji Kompetensi, Gitar Elektrik, Syarat Kelulusan, Persiapan Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Seni Musik 2018
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 21 Oct 2020 02:00
Last Modified: 21 Oct 2020 02:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49570

Actions (login required)

View Item View Item