KUALITAS UDARA BAKTERIOLOGIS DI DAERAH SEKITAR TEMPAT PENAMPUNGAN SEMENTARA (TPS) (Studi Kasus: TPS Gerlong, Kota Bandung)

Juliana, mhs and Fadjari Lucia Nugroho, DS and Astri Widiastuti, ds (2020) KUALITAS UDARA BAKTERIOLOGIS DI DAERAH SEKITAR TEMPAT PENAMPUNGAN SEMENTARA (TPS) (Studi Kasus: TPS Gerlong, Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Juliana_153050057_Teknik Lingkungan.pdf

Download (518kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Sampah kota yang terdapat ditempat penampungan sementara (TPS) mendukung multiplikasi bakteri yang berbeda terutama karena bahan organik yang terkandung dalam sampah. Seiring waktu, sampah tersebut dapat menjadi sumber pencemar mikroorganisme. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kecepatan angin, kelembapan, dan temperatur terhadap kualitas udara bakteriologis dan genus bakteri yang terdapat di sekitar TPS Gerlong. Proses pengambilan sampel bakteri udara di TPS berdasarkan radius 0, 10, 30 dan 60 meter di arah Timur, Barat, Selatan dan Utara pada jam 09:00, 12:00 dan 18:30 WIB dan dilakukan perulangan sebanyak 3 kali. Pengukuran konsentrasi bakteri udara menggunakan metode settling plate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas udara bakteriologis pada area TPS Gerlong maksimum ialah 67.626 cfu/m3 dan minimumnya ialah 1.153 cfu/m3 untuk media NA. Sedangkan untuk bakteri Coliform maksimum ialah 891 cfu/m3 dan minimumnya ialah 0 cfu/m3. Jika mengacu kepada baku mutu yang ditetapkan oleh Badan Lingkungan Hidup Inggris maka konsentrasi bakteri pada media NA di TPS Gerlong melebihi standar konsentrasi bakteri yang telah ditetapkan sedangkan untuk bakteri Coliform masih berada dibawah standar yang ditetapkan. Genus bakteri yang terdapat di udara sekitar TPS adalah Pseudomonas, Klebsiella, Shigella, Alcaligenes, Salmonella, Escherichia, Bacillus, Staphyloococcus dan Coliform. Hasil ini menunjukkan bahwa tempat penampungan sampah sementara (TPS) dapat menjadi sumber penyebaran bakteri udara, sehingga dapat menyebabkan dampak bagi masyarakat sekitar. Kata kunci: Bakteri udara, kualitas udara bakteriologis, tempat penampungan sampah sementara (TPS), TPS Gerlong

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Lingkungan 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 20 Oct 2020 07:53
Last Modified: 20 Oct 2020 07:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49564

Actions (login required)

View Item View Item