PRESENTASI DIRI ANGGOTA TNI ANGKATAN UDARA (Studi Dramaturgi Mengenai Anggota TNI Angkatan Udara di Lanud Sulaiman Bandung)

Yuliani Indah Kumalasari, 162050312 (2020) PRESENTASI DIRI ANGGOTA TNI ANGKATAN UDARA (Studi Dramaturgi Mengenai Anggota TNI Angkatan Udara di Lanud Sulaiman Bandung). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

TNI yang memiliki image yang beragam di mata masyarakat, mereka beranggapan bahwa TNI itu galak, tegas dan bahkan menakutkan ketika sedang menjalankan tugasnya, namun ketika berada di lingkungan keluarga tentu akan memiliki perbedaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana panggung depan dan panggung belakang dari anggota TNI Angkatan Udara yang melakukan presentasi diri (Studi Dramaturgi mengenai Anggota TNI Angkatan Udara di Lanud Sulaiman Bandung). Untuk menjawab masalah diatas, maka diangkat sub fokus penelitian sebagai berikut: panggung depan, panggung belakang. Sub fokus tersebut untuk mendukung fokus penelitian, yaitu: Bagaimana Presentasi Diri Anggota TNI Angkatan Udara di Lanud Sulaiman Bandung. Pendekatan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan studi dramaturgi, Subjek penelitiannya adalah Anggota TNI Angkatan Udara, Informan dipilih dengan teknik purposive sampling, untuk informan penelitian berjumlah 6 (enam) orang Anggota TNI Angkatan Udara, dan untuk memperjelas serta memperkuat data adanya informan ahli yaitu Komandan Depohar 70 Lanud Sulaiman, serta informan akademisi yang merupakan Dosen Pendidikan Kewarganegaraan. Data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, studi pustaka. Untuk uji validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Adapun teknik analisis data dengan mereduksi data, mengumpulkan data, menyajikan data, menarik kesimpulan, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa panggung depan dari anggota TNI Angkatan Udara hampir semuanya memerankan panggung depan secara sempurna sesuai dengan peran mereka, mereka berperan layaknya aktor dalam suatu pertunjukkan drama panggung. Pada panggung belakang, anggota TNI Angkatan Udara, memainkan perannya secara utuh. Sehingga pada presentasi diri mereka saat berada di panggung depan dan panggung belakang memiliki suatu peran yang sangat berbeda, mereka berdramaturgi dalam menjalankan kehidupannya. Kesimpulan dari hasil penelitian, bahwa anggota TNI Angkatan Udara memerankan peran berbeda antara panggung depan dan panggung belakang, dan presentasi diri yang mereka tampilkan adalah hasil dari mereka bersosialisasi di lingkungan kerja maupun lingkungan keluarga. Saran yang dapat peneliti berikan adalah sebaiknya setiap individu dapat memainkan perannya dengan sebaik-baiknya dimanapun mereka berada. Kata kunci; Dramaturgi, Presentasi Diri, TNI Angkatan Udara

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 20 Oct 2020 06:30
Last Modified: 20 Oct 2020 06:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49553

Actions (login required)

View Item View Item