“EVALUASI PENERAPAN SISTEM PRESENSI SIDIK JARI (FINGERPRINT) GURU DI SD NEGERI 10 MANURUNGE PROVINSI SULAWESI SELATAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ITIL V3”

Fadilah, mhs and R. Djunaedy Sakam, ds and Agus Hexagraha, DS (2020) “EVALUASI PENERAPAN SISTEM PRESENSI SIDIK JARI (FINGERPRINT) GURU DI SD NEGERI 10 MANURUNGE PROVINSI SULAWESI SELATAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ITIL V3”. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Fadilah_183040187_TeknikInformatika.pdf

Download (358kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Perkembangan teknologi kini yang tengah popular adalah teknologi mesin fingerprint. Mesin tersebut sangat canggih dan penggunaannya praktis. Mesin fingerprint kini sudah banyak digunakan di Indonesia khususnya di perusahaan – perusahaan ataupun beberapa instansi pemerintah. SD Negeri 10 Manurunge merupakan salah satu instansi yang menggunakan teknologi tersebut, dimana sebelumnya dalam melakukan presensi dilakukan secara manual. Dalam menangani pelayanan kehadiran di Sekolah, tentunya memerlukan teknologi seperti fingerprint dengan memiliki Aplikasi pendukung yaitu GEISA. SD Negeri 10 Manurunge memiliki 27 jumlah guru, diantaranya 17 pegawai negeri sipil dan 10 tenaga honorer. Dalam melakukan presensi, mereka menggunakan sistem dengan metode fingerprint. Namun demikian yang menggunakan sistem tersebut hanya pegawai negeri sipil. Sedangkan untuk tenaga honorer melaksanakan presensi secara manual. Berdasarkan pengamatan dari hasil penelitian (observasi) dan wawancara dengan pihak terkait, ada beberapa masalah yang ditemukan dalam penerapan teknologi tersebut yang ada hubungannya dengan metode yang digunakan yaitu ITIL V3 dengan domain Service Operation pada subdomain Event Management, Problem Management, dan Incident Management, Request Fullfilment, dan Access Management. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah melakukan sebuah analisis serta evaluasi terhadap penerapan layanan sistem fingerprint dan aplikasi yang digunakan (GEISA) dengan menggunakan metode ITIL V3. Hasil penelitian ini menghasilkan sebuah rekomendasi dalam menangani masalah yang ditemukan, sehingga adanya peningkatan efisiensi dan efektifitas teknologi informasi yang selaras dengan kebutuhan pengguna dan membantu dalam memahami teknologi informasi tersebut sehingga hasil dari pengolahan data dapat kita simpulkan berdasarkan subdomain Service Operation. Kata Kunci : GEISA, ITIL V3, Service Operation, fingerprint

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Planologi 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 20 Oct 2020 05:44
Last Modified: 20 Oct 2020 05:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49545

Actions (login required)

View Item View Item