FORESTI FEBRI SHAFIRA, 165020087 (2020) PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR EKONOMI SISWA (SURVEY PADA KELAS X IPA 4 DAN X IPA 5 LINAT MINAT EKONOMI SEMESTER GENAP DI SMA NEGERI 1 RANCAEKEK TAHUN AJARAN 2019/2020). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak indo.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak inggris.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak sunda.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (243kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (677kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (947kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (275kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Intensitas Penggunaan Internet Sebagai Sumber Belajar Terhadap Minat Belajar Ekonomi siswa (Survey Pada Kelas X IPA 4 dan X IPA 5 Lintas Minat Ekonomi Semester Genap Di SMA Negeri 1 Rancaekek Tahun Ajaran 2019/2020)” yang terdiri dari dua variabel, yaitu intensitas penggunaan internet sebagai sumber belajar (variabel X) dan minat belajar ekonomi (variabel Y). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui intensitas penggunaan internet sebagai sumber belajar serta minat belajar ekonomi siswa dan untuk mengetahui pengaruh intensitas penggunaan internet sebagai sumber belajar terhadap minat belajar siswa kelas X IPA 4 dan X IPA 5 SMA Negeri 1 Rancaekek. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 4 dan X IPA 5 SMA Negeri 1 Rancaekek, dan objeknya adalah pengaruh intensitas penggunaan internet sebagai sumber belajar terhadap minat belajar ekonomi siswa. Kemudian populasinya ada 71 orang siswa dengan sampel penelitian sebanyak 60 orang siswa dengan teknik random sampling. Pegolahan data diambil dari angket, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa sebagian besar siswa menjawab selalu menggunakan internet untuk sumber belajar, maka dapat diketahui bahwa tingkat penggunaan internet sebagai sumber belajar ekonomi siswa memiliki skor rata-rata sebesar 4,13 dan persentase sebesar 82,67%. Kemudian siswa juga sangat setuju dengan pernyataan yang telah diajukan oleh peneliti, oleh karena itu dapat diketahui bahwa tingkat minat belajar siswa memiliki skor ratarata sebesar 4,23 dengan persentase sebesar 84,67%. Setelah melakukan penelitian, maka penulis mendapatkan kesimpulan akhir bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara intensitas penggunaan internet sebagai sumber belajar terhadap minat belajar ekonomi siswa siswa kelas X IPA 4 dan X IPA 5 SMA Negeri 1 Rancaekek, hal tersebut dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis yang memiliki nilai multiple R (uji korelasi) sebesar 74,6% (0,746 x 100. Selanjutnya besarnya koefisien determinasi adalah 0,558 yang artinya pengaruh variabel x (intensitas penggunaan internet sebagai sumber belajar) terhadap variabel y (minat belajar ekonomi siswa) adalah 55,8% sedangkan 44,2% di pengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 20 Oct 2020 04:53 |
Last Modified: | 20 Oct 2020 04:53 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49539 |
Actions (login required)
View Item |