ELIANA ARUMANEGARA, 165050061 (2020) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SELF-CONCEPT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
lp eliana.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak indo.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak ing.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (524kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (708kB) | Preview |
|
Text
bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (336kB) |
||
Text
Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (362kB) |
||
Text
bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
||
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (444kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan matematis yang menjadi hal dasar adalah kemampuan pemahaman konsep matematis dan salah satu kemampuan dalam aspek afektif yang perlu dimiliki oleh siswa yaitu self-concept. Salah satu model yang dapat digunakan untuk mempengaruhi kemampuan matematis yaitu pemahaman konsep matematis dan self-concept siswa adalah model pembelajaran concept attainment. Penelitian ini memiliki tujuan untuk: (1) menganalisis bagaimana kajian kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-concept; (2) menganalisis bagaimana kajian model pembelajaran concept attainment; (3) menganalisis bagaimana kemampuan pemahaman konsep matematis dan self-concept melalui model pembelajaran concept attainment. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi literatur. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni Editing, Organizing, and Finding dan analisis data yang digunakan berupa deduktif, induktif dan interpretatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) model pembelajaran concept attainment terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis memiliki pengaruh yang baik; (2) model pembelajaran concept attainment lebih baik dari pada pembelajaran konvensional (ekspositori) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa; (3) penerapan model pembelajaran concept attainment dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis. (4) penerapan model pembelajaran concept attainment dalam proses pembelajaran matematika terhadap self-concept siswa termsuk dalam katergori yang baik. Kata kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, self-concept, model pembelajaran concept attainment
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 20 Oct 2020 03:49 |
Last Modified: | 20 Oct 2020 03:49 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49526 |
Actions (login required)
View Item |