EMMA RATNA ANGGRAENI SOLEH, NPM. 188060015 (2020) PENERAPAN PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SERTA SELF REGULATED LEARNING SISWA SMK. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.
Text
Artikel Emma Ratna copy.docx Download (55kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan koneksi matematis serta self regulated learing siswa SMK dengan menerapkan pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) pada materi program linier di kelas XI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi ekperiment dengan desain control group pretest-postest. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Al Ibrohimiyah di kelas XI RPL sebagai kelas eksperimen dan kelas XI ATPH sebagai kelas kontrol pada tahun ajaran 2019-2020. Instrumen yang digunakan adalah soal tes uraian dan instrumen tes berupa angket siswa. Data yang diperoleh menggunakan bantuan program software SPSS versi 25.0 dengan kriteria uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan dua rata-rata. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa tidak ada perbedaan rata-rata siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan koneksi matematis siswa kelas eksperimen berbeda dengan kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan koneksi matematis siswa SMK. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis: Kemampuan Koneksi Matematis: Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE): Self Regulated Learning
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018 |
Depositing User: | asep suryana |
Date Deposited: | 20 Oct 2020 03:48 |
Last Modified: | 20 Oct 2020 03:48 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49525 |
Actions (login required)
View Item |