PENGARUH VERBAL BULLYING TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS V SD DI KELURAHAN BABAKAN CIPARAY KOTA BANDUNG (Penelitian Survey Terhadap Siswa Kelas V SD di Kelurahan Babakan Ciparay Kota Bandung Tahun Ajaran 2020-2021)

Rina Sausan, 165060034 (2020) PENGARUH VERBAL BULLYING TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS V SD DI KELURAHAN BABAKAN CIPARAY KOTA BANDUNG (Penelitian Survey Terhadap Siswa Kelas V SD di Kelurahan Babakan Ciparay Kota Bandung Tahun Ajaran 2020-2021). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK INDO.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB I.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB II.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text
16. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] Text
17. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text
18. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kecerdasan interpersonal dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satu diantaranya adalah faktor lingkungan. Tindakan verbal bullying yang sering terjadi di lingkungan sekolah, secara tidak langsung dapat menjadikan lingkungan sekolah menjadi kurang baik untuk perkembangan kecerdasan interpersonal siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari tindakan verbal bullying yang terjadi terhadap kecerdasan interpersonal yang dimiliki siswa kelas V SD Kelurahan Babakan Ciparay Kota Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode survey. Penelitian ini dilaksanakan di enam sekolah dasar negeri yang ada di Kelurahan Babakan Ciparay Kota Bandung. Instrument yang digunakan berupa angket skala likert. Teknik penelitian menggunakan wawancara dan angket. Populasi dari penelitian ini berjumlah 643 siswa, teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 247 siswa kelas V SD. Teknik analisis data penelitian ini menggunaka uji regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di enam sekolah dasar negeri yang ada di Kelurahan Babakan Ciparay Kota Bandung diperoleh bahwa terdapat pengaruh positif yang terjadi antara verbal bullying terhadap kecerdasan interpersonal, hal ini dapat dibuktikan berdasarkan nilai Fhitung = 39.982 dengan signifikansi sebesar 0,000 memiliki nilai lebih kecil (<) dari nilai 0,05. Adapun pengaruh yang diberikan dari tindakan verbal bullying terhadap kecerdasan interpersonal siswa kelas V SD Kelurahan Babakan Ciparay Kota Bandung sebesar 14%. Hal ini ditunjukkan berdasarkan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,140. Berdasarkan hasil penelitian, H1 peneltian dapat diterima, yaitu terdapat pengaruh antara verbal bullying terhadap kecerdasan interpersonal. Secara umum tindakan verbal bullying memang sudah lumrah terjadi di kalangan masyarakat, termasuk anak-anak. Namun, akan lebih baik jika kita selalu memperhatikan perkembangan anak di lingkungan sekolah, agar tidak menjadi pelaku ataupun korban dalam tindakan verbal bullying. Selain itu, kita perlu selalu memperhatikan perkembangan kecerdasan interpersonal anak agar terus berkembang dengan baik. Kata kunci: verbal bullying, kecerdasan interpersonal

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 20 Oct 2020 03:01
Last Modified: 20 Oct 2020 03:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49514

Actions (login required)

View Item View Item