HANY KHAERONI FIKRIAH, 165060020 (2020) ANALISIS MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK (Penelitian Studi Literatur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
5. ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB I.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB II.pdf Download (244kB) | Preview |
|
Text
12. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) |
||
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) |
||
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (106kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan model discovery learning terhadap aktivitas belajar peserta didik. Metode yang digunakan yaitu studi literatur dengan mengumpulkan beberapa penelitian terdahulu untuk menjawab konsep aktivitas belajar, penerapan model discovery learning, serta peningkatan aktivitas belajar dengan menggunakan model discovery learning di Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu editing, organizing, dan finding. Analisis data yang digunakan yaitu deduktif dan induktif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konsep aktivitas belajar peserta didik di sekolah dasar tidak terlepas dari indikator-indikator aktivitas belajar yang meliputi visual activities, oral activities, Listening activities, writing activities, motor activities, mental activities, dan emotional activities, jika tidak ada indikatorindikator tersebut maka aktivitas belajar tidak akan terjadi secara aktif, dan peran pendidik dalam upaya meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dengan menggunakan berbagai cara, metode dan model pembelajaran yang bervariasi. Penerapan model discovery learning berdasarkan pada langkah-langkah yang meliputi, pemberian rangsangan, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, dan menarik kesimpulan, pembelajaran dengan menerapkan model discovery learning tidak akan optimal apabila pendidik masih kurang dalam langkah-langkah penerapannya. Setelah dianalisis lebih lanjut, dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar peserta didik di sekolah dasar setelah menggunakan model discovery learning mengalami peningkatan. Kata kunci: Model discovery learning, aktivitas belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 20 Oct 2020 02:24 |
Last Modified: | 20 Oct 2020 02:24 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49505 |
Actions (login required)
View Item |