Risa Rismawati, 155060088 (2020) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV (Kuasi eksperimen kuantitatif di SD Negeri 2 Langensari kelas IV Kec. Lembang Kab. Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1 COVER SKRIPSI.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
3 ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
4 ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
5 ABSTTRAK BAHASA SUNDA.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
6 BAB I.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
7 BAB II.pdf Download (599kB) | Preview |
|
Text
8 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) |
||
Text
9 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
||
Text
10 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
||
|
Text
11 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (112kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan Hasil Belajar pesera didik menggunakan Model Project Based Learning pada Tema 2 Selalu Berhemat Energi Subtema 3 Energi Alternatif. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN 2 Langensari. Penelitian ini di latar belakangi dengan kurang bervariasinya model pembelajaran yang digunakan pada saat kegiatan pembelajaran serta keadaan peserta didik yang kurang aktif didalam pembelajaran sehingga hasil belajar peserta didik rendah dikarenakan Pendidik menggunakan metode ceramah, sedangkan dengan model pembelajaran Project Based Learning belum pernah dilaksanakan. Dengan menggunakan Model Project Based Learning dapat menjadikan siswa aktif, berpikir kritis, sistematis dan mandiri sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Pengumpulan data melalui observasi, tes dan dokumentasi. Tes yang digunakan berupa pretest dan posttest untuk mengambil data hasil belajar. Sampel yang digunakan yaitu kelas IVA sebagai kelas Eksperimen menggunakan model Project Based Learning dan IVB sebagai kelas kontrol menggunakan model Ekspositoril. Teknik pengolahan data yang dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji Regresi linear sederhana, dan uji t dilakukan dengan bantuan SPSS 16. Hasil analisis data pada penelitian ini adalah terdapat Pengaruh hasil belajar dengan menggunakan Model Project Based Learning terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai signifikan sebesar 0.000 maka dapat disimpulkan bahwa nilai sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05 melalui regresi linier sederhana berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian model pembelajaran Project Based Learning memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa di kelas IV SD. Kata kunci : Project Based Learning, Hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 20 Oct 2020 02:01 |
Last Modified: | 20 Oct 2020 02:01 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49501 |
Actions (login required)
View Item |