Yogi Firman Maulana, 155060031 (2020) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Expost Facto di SD Negeri 2 Langensari Kec. Lembang Kab. Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1 COVER.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
3 ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
4 ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text
5 ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
6 BAB I.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
7 BAB II.pdf Download (176kB) | Preview |
|
Text
8 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) |
||
Text
9 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
||
Text
10 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
||
|
Text
11 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (80kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV, V, dan VI di SDN 2 Langensari, yang mana siswa-siswinya mempunyai latar belakan keluarga yang berbeda-beda. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian Ex-Post facto, di mana variabel-variabel bebas telah terjadi ketika peneliti memulai dengan pengamatan variabel terikat dalam suatu penelitian. Pengambilan data dengan menyebarkan lembar angket atau kuesioner. Berdasarkan pengolahan data dengan menggunakan SPSS versi 16 perolehan koefisien determinasi sebesar 0,183 yang berarti pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa sebesar 18,3% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. berdasarkan perolehan data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa, hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji hipotesis menggunakan analisis uji regresi linier sederhana diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,00 sesuai dengan kriteria pengujian maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, bahwa lingkungan keluarga mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar siswa, yang mana jika peran lingkungan keluarga ditingkatkan maka akan diikuti oleh peningkatan prestasi belajar dan sebaliknya. Kata kunci : Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar, EX-Post facto
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 20 Oct 2020 01:56 |
Last Modified: | 20 Oct 2020 01:56 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49500 |
Actions (login required)
View Item |