EVI NUR FITRI, 165060017 (2020) ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA GAMBAR (Studi Literatur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1 COVER SL EVI.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
2 Lembar Pengesahan.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
3 Abstrak B. Indonesia.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
4 Abstrak B. Inggris.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
5 Abstrak B. Sunda.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I SL EVI.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II SL EVI.pdf Download (442kB) | Preview |
|
Text
BAB III SL EVI.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) |
||
Text
BAB IV SL EVI.pdf Restricted to Repository staff only Download (0B) |
||
Text
BAB V SL EVI.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka SL EVI.pdf Download (282kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui media gambar. Yang bertujuan untuk mengetahui konsep media gambar, konsep hasil belajar, dan mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan media gambar dari berbagai ahli. Penelitian ini dilatarbelakangi pada sebelum penelitian salah satu ahli bahwa hasil belajar siswa termasuk kategori rendah. Hal tersebut disebabkan oleh faktor kegiatan pembelajaran yang membosankan, kegiatan pembelajaran hanya satu arah dari guru kepada siswa saja, dan kurangnya motivasi siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi literatur. Adapun fokus penelitian yang dianalisis yaitu menganalisis hasil belajar siswa melalui media gambar dari penelitian sebelumnya dari berbagai ahli. Teknik pengumpulan data dilakukan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dengan cara mencari data berupa dokumen dari berbagai sumber seperti buku dan jurnal, sedangkan teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis bersifat deduktif dan induktif. Hasil penelitian yang peneliti temukan terkait dengan hasil belajar siswa melalui media gambar dari berbagai ahli menunjukan hasil belajar siswa melalui media gambar mengalami peningkatan hasil belajar yang signifikan. Hasil analisis data dari berbagai sumber didapatkan bahwa konsep media gambar berupa pengertian media gambar, karakteristik media gambar, syarat-syarat penggunaan media gambar, kelebihan dan kekurangan media gambar. Konsep hasil belajar siswa berupa pengertian hasil belajar siswa, faktor-faktor yang mempengaruhi belajar, jenis-jenis penilaian hasil belajar, dan indikator hasil belajar. Adanya penggunaan media gambar dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Dengan demikian, hasil belajar siswa melalui media gambar ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa, penggunaan media gambar harus disesuaikan dengan karakteristik siswa sehingga penerapan media gambar dapat digunakan sesuai dengan kegiatan pembelajaran. Kata Kunci: hasil belajar, media gambar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 17 Oct 2020 17:58 |
Last Modified: | 17 Oct 2020 17:58 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49461 |
Actions (login required)
View Item |