PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN EKONOMI (Survey pada peserta didik kelas X IPS di SMAN 1 Ngamprah Tahun pelajaran 2019/2020)

TITA SETIAWATI, 165020053 (2020) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN EKONOMI (Survey pada peserta didik kelas X IPS di SMAN 1 Ngamprah Tahun pelajaran 2019/2020). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (993kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak B.Indonesia.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak B.Inggris.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak B.Sunda.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (203kB) | Preview
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui lingkungan keluarga peserta didik kelas X IPS di SMAN 1 Ngamprah. (2) mengetahui motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran ekonomi kelas X IPS di SMAN 1 Ngamprah. (3) mengetahui seberapa besar pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran ekonomi kelas X IPS di SMAN 1 Ngamprah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survei. Populasi penelitiannya adalah seluruh peserta didik kelas X IPS di SMAN 1 Ngamprah yang berjumlah 145 orang, dengan jumlah sampel 106 orang. Dimana, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sample random sampling. Teknik pengambilan data dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, uji regresi linear sederhana, analisis korelasi, koefisien determinasi dan uji hipotesis (uji t). Berdasarkan hasil analisis yang terdapat pada tabel regresi, dengan data taraf signifikansi 5% maka diperoleh variabel lingkungan keluarga memiliki nilai thitung sebesar 5,110 > ttabel (1,983) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian, Ha diterima dan H0 ditolak. Dari hasil analisis tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran ekonomi kelas X IPS di SMAN 1 Ngamprah. Berdasarkan simpulan dari penelitian disarankan kepada pendidik dan orangtua/ keluarga sebagai pelaksana memiliki kewajiban untuk membina dan memberikan bekal terhadap peserta didik yang memiliki motivasi belajar yang rendah. Kata kunci : Lingkungan keluarga, motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 17 Oct 2020 07:00
Last Modified: 17 Oct 2020 07:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49453

Actions (login required)

View Item View Item