ANALISIS YURIDIS KEDUDUKAN HUKUM SURAT KEPUTUSAN PENGANGKATAN SEBAGAI JAMINAN DALAM PERJANJIAN KREDIT ANTARA BANK PEMERINTAH DENGAN PENYELENGGARA NEGARA

Setiyana Ahmad Supangkat, NPM : 178040060 (2020) ANALISIS YURIDIS KEDUDUKAN HUKUM SURAT KEPUTUSAN PENGANGKATAN SEBAGAI JAMINAN DALAM PERJANJIAN KREDIT ANTARA BANK PEMERINTAH DENGAN PENYELENGGARA NEGARA. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Setiyana Ahmad Supangkat.docx

Download (79kB)

Abstract

Penulisan ini membahas mengenai Kedudukan Hukum Surat Keputusan Pengangkatan Sebagai Jaminan Dalam Perjanjian Kredit Antara Bank Pemerintah Dengan Penyelenggara Negara. Rumusan masalah yang diambil adalah Bagaimana kedudukan hukum jaminan SK Pengangkatan pada Perjanjian kredit Antara Bank Pemerintah Dengan Penyelenggara Negara? Bagaimana akibat hukum jaminan SK Pengangkatan pada Perjanjian kredit Antara Bank Pemerintah Dengan Penyelenggara Negara? Bagaimana upaya hukum akibat kegagalan pembayaran kredit dengan jaminan SK Pengangkatan pada Perjanjian kredit Antara Bank Pemerintah Dengan Penyelenggara Negara?. Hasil penelitian menunjukan bahwa penyaluran kredit dengan Jaminan SK Pengangkatan meskipun tanpa menggunakan jaminan yang bersifat kebendaan diperbolehkan menurut Undang-Undang Nomor 10 tahun 1998 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan sepanjang penyaluran kredit tersebut disertai dengan langkah kehati-hatian yang merupakan bagian dari penerapan prinsip GCG pada Bank Pemerintah. Dalam praktik penulis meskipun telah dilaksanakan langkah kehati-hatian tetap terdapat kerugian pada kredit tersebut dalam hal terjadi kredit bermasalah, atas kerugian tersebut, upaya hukum yang dilakukan dapat berupa gugatan kerugian baik pada wanprestasi maupun pada perbuatan melawan hukum perdata. Kata Kunci: Surat Keputusan Pengangkatan, Penyelenggara Negara, Jaminan Kredit, Prinsip Kehati-hatian.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Ilmu Hukum 2018
Depositing User: Unnamed user with email lusiawati773@gmail.com
Date Deposited: 17 Oct 2020 04:44
Last Modified: 17 Oct 2020 04:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49448

Actions (login required)

View Item View Item