KORELASI KONSENTRASI ASAP CAIR TEMPURUNG KELAPA TERHADAP KARAKTERISTIK PAPRIKA MERAH (Capsicum annum L.) SELAMA PENYIMPANAN SUHU RUANG

Sari Puspa Indri Sani, Mhs (2020) KORELASI KONSENTRASI ASAP CAIR TEMPURUNG KELAPA TERHADAP KARAKTERISTIK PAPRIKA MERAH (Capsicum annum L.) SELAMA PENYIMPANAN SUHU RUANG. Skripsi(S1) thesis, Universitas PAsundan.

[img]
Preview
Text
Sari Puspa Indri Sani-153020199-Teknologi Pangan.pdf

Download (480kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mempelajari korelasi konsentrasi asap cair tempurung kelapa terhadap karakteristik paprika merah selama penyimpanan pada suhu ruang. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Regresi Linier Sederhana yang digunakan untuk mencari konfirmasi teori melalui hasil dari masing-masing nilai parameter. Sumbu X merupakan konsentrasi asap cair tempurung kelapa (1%, 2%, 3%, 4%, 5% dan 6%) dan sumbu Y merupakan respon kimia diantaranya kadar air dan kadar vitamin C, respon fisika diantaranya susut bobot dan kekerasan, serta respon organoletik diantaranya warna, aroma dan kenampakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon kadar air, kekerasan, tingkat kesukaan warna dan tingkat kesukaan kenampakan paprika merah pada setiap konsentrasi asap cair tempurung kelapa, serta tingkat kesukaan aroma paprika merah pada konsentrasi 0% asap cair tempurung kelapa memiliki hubungan linier sempurna tak langsung karena memiliki nilai r negatif. Respon kadar vitamin C dan susut bobot paprika merah pada setiap konsentrasi asap cair tempurung kelapa, serta tingkat kesukaan aroma paprika merah pada konsentrasi 1%, 2%, 3%, 4%, 5% dan 6% asap cair tempurung kelapa memiliki hubungan linier sempurna langsung karena memiliki nilai r positif. Pada perlakuan konsentrasi 2% memberikan respon terbaik pada vitamin C dan tingkat kesukaan aroma dengan nilai r 0.9889 (korelasi sangat kuat) dan r 0.5192 (korelasi kuat). Pada perlakuan konsentrasi 5% memberikan respon terbaik pada susut bobot dengan nilai r 0.9742 yang menunjukkan bahwa korelasi sangat kuat. Kata kunci: paprika merah, asap cair, penyimpanan dan korelasi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 16 Oct 2020 10:57
Last Modified: 16 Oct 2020 10:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49436

Actions (login required)

View Item View Item