Implementasi Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematic) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif dan Analisis Self-Efficacy Siswa

Ibnu Yazid, NPM. 188060040 (2020) Implementasi Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematic) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif dan Analisis Self-Efficacy Siswa. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Artikel Ibnu Yazid 1 copy.docx

Download (38kB)

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir kritis, berpikir kreatif serta self-efficacy siswa disebabkan pendekatan yang tidak sesuai selama proses belajar mengajar. Sehingga diperlukan pendekatan baru untuk meningkatkan kemampuan siswa. Adapun pendekatan yang akan di teliti adalah pendekatan STEM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mix method tipe embedded dengan desain penelitian yaitu desain eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 3 Cimenyan dan sampelnya adalah dua kelas VIII di SMPN 3 Cimenyan yang dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kritis, tes berpikir kreatif, angket self-efficacy, lembar observasi dan wawancara. Berdasarkan analisis data dan temuan penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang memperoleh pendekatan STEM lebih baik daripada siswa yang memperoleh pendekatan konvensional.; (2) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang memperoleh pendekatan STEM lebih baik daripada siswa yang memperoleh pendekatan konvensional.; (3) Siswa yang menggunakan pendekatan STEM mempunyai self-efficacy yang rendah dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.; (4) Tidak terdapat hubungan antara kemampuan berpikir kritis, kemampuan berpikir kreatif serta self-efficacy siswa yang menggunakan pendekatan STEM. Kata kunci: Berpikir Kreatif, Berpikir Kritis, Pendekatan STEM, Self-efficacy

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 16 Oct 2020 08:17
Last Modified: 16 Oct 2020 08:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49429

Actions (login required)

View Item View Item