EVALUASI IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT (SIMRS) BERDASARKAN PERMENKES RI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS INFORMASI KESEHATAN (Studi Kasus di RSUD Kabupaten Belitung Timur)

Cristi Monica, NPM : 188020098 (2020) EVALUASI IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT (SIMRS) BERDASARKAN PERMENKES RI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS INFORMASI KESEHATAN (Studi Kasus di RSUD Kabupaten Belitung Timur). Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Cristi Monica.docx

Download (49kB)

Abstract

Mengingat penerapan SIMRS di RSUD Kabupaten Belitung Timur belum pernah dilakukan evaluasi maka penelitian ini akan melakukan evaluasi implementasi SIMRS berdasarkan PERMENKES RI No 1171 Tahun 2011. Oleh karena itu peneliti akan melakukan penelitian dengan mengevaluasi Implementasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) Berdasarkan PERMENKES RI Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Informasi Kesehatan Mengetahui gambaran kondisi eksisting SIMRS selanjutnya untuk mengetahui gambaran kualitas informasi SIMRS serta untuk memberikan rekomendasi perbaikan dan pengembangan SIMRS dalam upaya meningkatkan kualitas informasi di RSUD Kabupaten Belitung Timur Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus di RSUD Kabupaten Belitung Timur. Data diperoleh dengan cara observasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi yang relevan sesuai dengan kajian masalah dan dilakukan pada Staff Bagian Penunjang RS, Penanggungjawab SIRS Kepala Ruangan Rawat Inap dan Rawat Jalan dan user yang menggunakan SIMRS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi penerapan SIMRS di RSUD Kabupaten Belitung Timur belum terdapat kesesuaian. Pada kondisi ekstinting software yang sistem pelaporan masih manual belum menggunakan data hasil dari SIMRS serta penerapan SIMRS belum terintegrasi pada semua unit pelayanan dan belum terintegrasi dengan bagian manajemen keuangan RS. Kondisi ekstinting hardware yang mengalami kekurangan perangkat pendukung dalam menjalankan SIMRS seperti komputer dan printer. Kondisi ekstinting brainware didapatkan data ketersediaan tenaga atau sumber daya manusia terampil yang masih kurang dan kurangnya kesadaran, kepatuhan, pengetahuan, beban kerja dan tanggungjawab user dalam memaksimalkan penggunaan SIMRS dalam menyelesaikan pekerjaan. Kondisi ekstinting networking yang mengalami ketidakstabilan network/jaringan dan SDM untuk Maintance jaringan belum ada. kondisi ekstinting monitoring didapatkan data kurangnya pengawasan dan supervise dari setiap kepala ruang dan manajemen serta SOP SIMRS yang belum disahkan. Evaluasi pada penerapan SIMRS di RSUD Kabupaten Belitung Timur masih terdapat ketidaksesuaian. Rekomendasi perbaikan dan pengembangan yang diusulkan oleh peneliti saat ini adalah dengan memaksimalkan pemamfaatan SIMRS dalam hal melakukan dan membuat laporan, penambahan SDM bagian departemen IT, mengesahkan SOP tentang SIMRS, mengadakan supervisi yang terjadwal baik dari kepala ruang atau bagian manajemen rumah sakit agar dapat memantau user dalam melakukan pekerjaan menggunakan SIMRS, meningkatkan kualitas network/jaringan internet dalam wilayah kerja RSUD Kabupaten Belitung Timur. Kata kunci : SIMRS, PERMENKES RI No. 1171 Tahun 2011, Kualitas Informasi

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2018
Depositing User: Unnamed user with email lusiawati773@gmail.com
Date Deposited: 15 Oct 2020 06:56
Last Modified: 15 Oct 2020 06:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49158

Actions (login required)

View Item View Item