IMPLEMENTASI KURIKULUM TAHUN 2013 PADA MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Deskriptif Kualitatif, Metode Studi Pustaka)

DWI KURNIANTO, 165060133 (2020) IMPLEMENTASI KURIKULUM TAHUN 2013 PADA MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Deskriptif Kualitatif, Metode Studi Pustaka). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak bahasa indonesia-dikonversi.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak bahasa inggris-dikonversi.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak bahasa sunda.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (441kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (504kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang bagaimana implementasi pemanfaatan media pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis siswa Sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan penelusuran pustaka, dimana pengumpulan datanya melalui penelusuran hasil penelitian, hasil riset, penelusuran tulisan jurnal, artikel, surat kabar, dan tulisan lainnya. Hasil penelitian ini adalah bahwa Sebagian besar sekolah telah memiliki media atau sarana penunjang pembelajaran. Sebagian besar guru tidak memanfaatkan sarana dan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar walaupun sesungguhnya dirinya menyadari akan pentingnya manfaat media pembelajaran dalam menunjang proses pembelajaran, dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Rasa enggan guru memanfaatkan media dalam pembelajaran di kelas dengan alasan terkendala oleh media yang sudah rusak, media tidak sesuai lagi dengan materi pelajaran, tidak menarik siswa, tidak dapat dioperasionalkan, dan tidak cukup lagi jumlahnya. Hasil penelitian terhadap Penggunaan media dalam Peningkatan kemampuan berpikir kritis, menunjukkan bahwa media pembelajaran berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis, maupun terhadap peningkatan aktivitas guru dan peserta didik dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, kesimpulan umum yang didapatkan pemanfatan media pembelajaran Terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik adalah bahwa pemanfaatan media berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata Kunci : Kurikulum 2013, Media Pembelajaran, Berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 15 Oct 2020 06:44
Last Modified: 15 Oct 2020 06:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49157

Actions (login required)

View Item View Item