MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIS SISWA SMA PADA MATERI PELUANG

Silvia Ratnasari, NPM : 188060007 (2020) MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIS SISWA SMA PADA MATERI PELUANG. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Silvia Ratnasari.docx

Download (95kB)

Abstract

Penelitian ini diawali dari kekhawatiran peneliti dengan melihat kondisi siswa di sekolah tempat penulis mengajar dalam menghadapi pelajaran matematika di kelas siswa terlihat takut, bosan dan tidak bersemangat. Hasil ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semster maupun ujian nasional, nilai matematika selalu lebih rendah dibandingkan dengan mata pelajaran yang lainnya. Guru kurang bervariasi dalam menggunakan pendekatan pembelajaran matematika dan cenderung menggunakan pendekatan konvensional. Penelitian dilakukan di kelas XII IPS 1 SMA Pasundan 7 Bandung dengan banyak siswa 30 orang, 14 siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model pembelajaran CTL. Desain penelitian tindakan kelas yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian dari Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat tahapan yakni perencanaan (Plan), tindakan (action), observasi (observe) dan refleksi (reflect). Penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak tiga siklus dengan masing-masing siklus dua kali pertemuan diperoleh peningkatan baik aspek pengetahuan (cognitive), aspek sikap (afektif) dan aspek keterampilan (psikomotor). Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penggunaan model pembelajaran CTL dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian belajar matematis siswa kelas XII IPS 1 SMA Pasundan 7 Bandung. Kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian belajar matematis siswa model CTL lebih baik dari pembelajaran konvensional. Terdapat hubungan kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian belajar matematis siswa. Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, model CTL, berpikir kreatif dan kemandirian belajar matematis.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Unnamed user with email lusiawati773@gmail.com
Date Deposited: 15 Oct 2020 06:04
Last Modified: 15 Oct 2020 06:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49154

Actions (login required)

View Item View Item